Senin, 14 Juni 2021

MAN 1 Baubau Gelar Rapat Pembagian Beban Kerja Guru

  • Jum'at, 18 Desember 2020 16:02 WIB
Foto kegiatan Workshop dan rapat Dewan Guru MAN 1 Baubau

Baubau, (Humas Sultra) --- Jumat, 18/12/20, Sebelum dilaksanakan rapat pembagian Beban Kerja Guru,  Dewan Guru MAN 1 Baubau mengikuti kegiatan Worshop bertema “Peningkatan Mutu Guru Madrasah” yang disampaikan oleh Pengawas Madrasah Aliyah Drs. H.Sabir, M.Pd. 

Ia menyampaikan bahwa  guru yang bermutu dilihat dari empat hal yaitu : (1) guru dapat menyusun Renacana Pelaksanaan Pembelajaran; (2) Guru dapat melakukan refleksi dan perbaikan kinerja; (3) Guru bisa melakukan desiminasi (setelah mengikuti pengembangan profesi seperti pelatihan maka guru dapat nenerapkan ilmu yang diperoleh utamanya dalam kegiatan pembelajaran  baik untuk dirinya maupun kepada teman guru lainnya); dan (4) Guru dapat mengembangkan profesi dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan wokshop dilanjutkan dengan rapat pembagian Beban kerja Guru. Sebelum pelaksanaan liburan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau menggelar rapat pembagian beban kerja guru untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

“Rapat ini merupakan rapat tertinggi di lingkup MAN 1 Baubau”, ungkap La Marihi, Kepala MAN 1 Baubau di hadapan dewan guru.

Agenda  pertama pada rapat dewan guru ini adalah pemilihan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad). Hal ini dilakukan karena adanya wakil  kepala madrasah yang pnindah tugas yaitu Wakamad Urusan Sarana dan Prasarana (sarpras). Pemilihan Wakamad ini berdasarkan regulasi Pendis Nomor 1531 Thn 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengangkatanguru sebagai Kepala Madrasah  bahwa Wakamad dipiliholeh dewan guru.

Berdasarkan hasil pemilihan  disepakati Wakamad urusan Kesiswaan dan Kurikulum yang lama Dra. Wine Mulhamah, S.Pd. (Wakamad Ur.Kesiswaan) dan Sunaryo Rasyit, S.Pd. (Wakamad Ur.Kurikulum) masih tetap melanjutkan tugasnya. Sedangkan Wakamad Humas terpilih adalah Drs. Sudiro dan Wakamad Sarpras adalah Drs. La Ihu, M.M.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai wakamad Ur. Humas.

Agenda kedua dalam rapat dewan guru ini  adalah penetapan jam mengajar guru yang dipandu oleh Wakamad Urusan Kurikulum, Sunaryo Rasyit, S.Pd. Sunaryo mengawali penjelasannya dengan menyampaikan bahwa semua guru yang mengampuh mata pelajaran di kelas XII juga mendapat tugas sebagai guru dikelas X dan XI.

“Hal ini mengingat kegiatan pembelajaran di kelas XII  berakhir pada bulan April maka aktifitas dalam kegiatan pembelajaran tetap berlangsung dan Laporan Kinerja  Harian (LKH) guru tidak ada masalah," jelas Sunaryo.

Akhirnya, La Marihi mengharapkan kepada semua dewan guru agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas, terlebih di masa pandemi covid-19 ini dalam rangka mempersiapkan pembelajaran tatap muka di era new normal.

Sumber : -
Penulis : Dra. Wine Mulhamah, S.Pd/MAN 1 Bau Bau
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 189 kali