Minggu, 17 Januari 2021

MI Pesri Kendari Juara Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI)

  • Minggu, 29 November 2020 10:48 WIB
Siswa-Siswi MI Ummusshabri Sedang Mengikuti Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia

Kendari, (Humas Kanwil) --- Terus dan terus mengukir prestasi, layak disandangkan pada Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Ummusshabri Kendari, yang telah menempatkan diri sebagai Madrasah pilihan dan rujukan.

Teranyar seperti yang diraih oleh Santri Madrasah Ibtidaiyah Ummusshabri yang telah menyumbangkan 5 medali perunggu pada ajang Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Forum Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia,  pada tanggal 22 November 2020 secara online.

Prestasi tersebut diraih oleh Annisa Iffah Huriyyah (bahasa Inggris), Nurafifah Indah Kirana (Matematika),  Assyifa Aqifa Qalbi (Matematika), Muh. Razka Akyaza Tongasa (IPA) dan Ananda Khumaira Gazali (IPA).

Ketua Tim penjaminan mutu MI Ummusshabri Nasruddin Gito menuturkan siswa yang berhasil mempersembahkan prestasi tersebut adalah siswa siswi pilihan, karena sebelum ditetapkan sebagai perwakilan MI Ummusshabri untuk mengikuti lomba/olimpiade maka terlebih dahulu dilakukan seleksi secara internal Madrasah berupa tes tulis dan tes lisan terhadap siswa siswi yang direkomendasikan oleh setiap perwalian

"Kemudian siswa yang dinyatakan lolos seleksi maka akan dilakukan pertemuan yang intens minimal selama 1 pekan (di luar pertemuan kelas olimpiade secara umum) sebelum pelaksanaan lomba,"tambahnya. 

Nasruddin juga menjelaskan bahwa sejak semester ganjil pada awal tahun ajaran 2020/2021 di MI Ummusshabri Kendari sudah membentuk kelas-kelas olimpiade yang berjumlah 10 siswa/mata pelajaran yang meliputi mata pelajaran matematika dan sains, bahkan rencananya untuk semester depan akan ditambah lagi dengan kelas bahasa asing. 

Sementara itu, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Ummusshabri Kendari Fajeri Ishak mengapresiasi capaian prestasi  ini.

"Alhamdulillah rasa syukur tak terhingga atas capaian prestasi anak didik kami yang kesekalian kalinya di tengah pandemi, prestasi ini membuktikan produktifitas madrasah tidak pernah berhenti meskipun dalam kondisi seperti ini. Sebenarnya ini merupakan inspirasi dari al-Qur'an (kulla yaumin huwa fii sya'nin) bahwa setiap hari Allah selalu dalam keadaan sibuk.

Fajri menambahkan dirinya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim pembina dan pendamping yang telah memberikan dedikasi dan loyalitas tinggi dalam melayani anak-anak. Namun demikian, ia juga mengingatkan kepada seluruh guru pembimbing agar tetap Istiqomah dalam pembinaan serta tidak boleh cepat merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.
 

Sumber : Moh. Anwar / MA Pesri Kendari
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 94 kali