Minggu, 17 Januari 2021

Kakanwil Kemenag Sultra Ajak Tokoh Agama Teguhkan Nilai Keagamaan Dalam Bingkai NKRI

  • Minggu, 29 November 2020 05:34 WIB

Raha, (Humas Sultra)--- Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad berharap kepada para tokoh agama untuk terus meneguhkan Nilai Keagamaan Dalam Bingkai NKRI. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Silahturahmi dan Dialog Antar Tokoh Agama di  Kabupaten Muna, Sabtu (28/11/2020) pukul 19.30 di Aula Kemenag Kab. Muna.

Meneguhkan nilai keagamaan, ungkap Kakanwil merupakan wujud dari masyarakat yang berakhlak dan penuh cinta kasih terhadap sesama umat manusia lainnya.

Ia melanjutkan bahwa pada dasarnya seluruh  agama mengajarkan nilai memanusiakan manusia, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, serta kebaikan dari segala sisi kehidupan. Maka dari itu Kakanwil mengajak seluruh tokoh agama untuk meneguhkan nilai-nilai keagamaan demi terciptanya kedamaian di NKRI.

Diungkapkannya, Agama dan negara harus saling mengisi dan mengawasi, agama butuh negara, negara butuh agama itulah Indonesia yang  toleran menjunjung tinggi perbedaan.

Dikatakan, substansi  toleransi adalah kemauan dan kemampuan menghargai perbedaan, yang beda jangan disamakan yang sama jangan dibedakan.

“Perbedaan harus dijadikan alat pemersatu bangsa, makanya perbedaan itu menjadi modal agar kita saling melengkapi satu sama lain,” ungkap Mantan Kakanwil Kemenag Maluku ini.

Dirinya juga mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk  selalu menjadi duta perdamaian dimanapun berada, khususnya menghadapi tahun politik yang sedang berlangsung di wilayah Sultra.

"Saya mengajak kita semua mengambil peran menjadi duta kedamaian di lingkungan masing-masing seperti didalam keluarga, lingkungan masyarakat, dan lainnya, sebab peran tokoh agama sangat dibutuhkan mengisi sendi kerukunan umat di Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 59 kali