Senin, 14 Juni 2021

Kemenag Sultra FGD Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III, Zona Daratan di Kolaka Utara

  • Sabtu, 28 November 2020 05:35 WIB

Lasusua, (Humas Sultra) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Focus Group Discussion Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2020, Pengelolaan Barang Milik Negara dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran pada Satker lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Zona II Wilayah daratan, dipusatkan di Kab. Kolaka Utara (Kolut).

Kegiatan yang mengusung tema One Team, One Goal dan One Spirit ini diikuti para operator Saiba dan operator Simak di Wilayah daratan yang terdiri dari Kota Kendari, Kab. Konawe, Kab. Konawe Selatan, Kab. Konawe Utara, Kab. Bombana, Kab. Kolaka, Kab. Kolaka Utara dan Kab. Konawe Kepulauan. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sultra diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Joko, jumat, (27/11/2020) malam.

Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut, Para Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota, Para Kasubbag Tata Usaha dan Kepala Madrasah yang berada di Wilayah daratan plus Konawe Kepulauan.

Kabag Tata Usaha, Joko, mengatakan FGD perlu dilakukan untuk menambah wawasan bersama dalam rangka penyelesaian laporan keuangan yang semakin hari semakin baik. 

Diungkapkannya, sebagaimana diketahui bersama bahwa Kemenag sudah empat kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

"Sudah menjadi tagline bersama bagi para pengelolan keuangan bahwa meraih opini WTP merupakan harga mati. Artinya kita mempunyai komitmen bersama untuk meraihnya, dimana Sultra juga turut berkontribusi di dalam pencapaian opini BPK yaitu WTP," ujarnya.

Diungkapkannya, Kanwil kemenag Sultra baru saja selesai di Audit Tusi. Dan Alhamdulillah dari tiga Kanwil yang diaudit, kita berada diperingkat teratas dengan nilai 79,373 kategori berhasil. Untuk sementara kita meraih nilai tertinggi," terangnya.

Meskipun demikian banyak sekali catatan yang harus dibenahi terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi yang berjalan khususnya di Kanwil," ucapnya. 

Belajar dari hal tersebut, ia berharap laporan pelaksanaan kegiatan baik tahun 2019 maupun 2020 seyogyanya setiap tahun berjalan, dan laporannya sudah selesai. 

"Begitu tutup tahun kita sudah menutup kegiatan, kita sudah memulai yang baru. Jadi saya meminta kepada Kantor Kemenag Kab/Kota untuk diinventarisir betul, bahwa seluruh kegiatannya sudah ada laporannya," terangnya.

Kepada para Kepala Kemenag dan Kepala Madrasah Kabag TU juga perhatian yang serius terhadap para operator. Ia meminta para operator sebagai pejuang WTP untuk terus disupport, karena laporan keuangan akan sangat tergantung dari pekerjaan para penyusun laporan keuangan kita. 

Terkait Pengelolaan BMN, Kabag TU meminta pengelolaan BMN disatker masing-masing untuk menjadi perhatian serius. Banyaknya kendala yang dihadapi agar menjadi catatan bersama. Baik terkait RKBMN, SPIP, PSP (Penetapan Status Penggunaan), dan penghapusan. 

Olehnya itu melalui FGD ini, Kabag Tata Usaha berpesan untuk dapat mendiskusikan apa yang menjadi kendala selama ini sehingga penyusunan laporan keuangan dan pengelolaan BMN menjadi lebih baik.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka Utara, Baharuddin, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta di Kab. Kolaka utara sembari tetap mengingatkan seluruh peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di Kolaka Utara.

Pada kesempatan tersebut dilakukan Penyerahan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020 tentang penetapan Pilot Project Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Kab. Kolaka Utara yang ditandai dengan penandatanganan berita acara, dan diserahkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Sultra, H. Joko, Kepada Kepala Kantor Kemenag Kolaka Utara, Baharuddin, jumat (27/11/2020).

 

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 199 kali