Minggu, 17 Januari 2021

Kakanwil Kemenag Sultra Tatap Muka dengan jajaran MTsN 2 Konawe

  • Kamis, 26 November 2020 18:12 WIB

Wawotobi, (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad berkesempatan melakukan silaturrahmi dan bertatap muka langsung dengan jajaran Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Konawe serangkaian Kunjungan Kerja di Kabupaten Konawe.

Kunjungan Kakanwil ini, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Konawe, Ahmad Lita Rendelangi, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, M. Natsir dan disambut dengan sajian Musik Bambu yang dibawakan oleh Siswa Siswi MTsN 2 Konawe.

Dihadapan jajaran MTsN 2 Konawe, Kakanwil mengungkapkan Kemenag Sultra memberikan perhatian terhadap peningkatan SDM kompetensi para Guru Madrasah, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah.

Dikatakannya, Kemenag Sultra Sudah melauching Garda Kagum yaitu Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah yang merupakan program nasional dan sudah di launching oleh Menteri Agama. Garda Kagum ini merupakan klasterisasi dari Pokjawas, KKM, KKG, MGMP, MGBK yang dibiayai dari dana bank dunia melalui project Pembaharuan madrasah.

“Nanti setiap madrasah diberikan bantuan 50 sampai 75 juta dalam upaya peningkatan kompetensi Guru Madrasah, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah. Intinya Garda Kagum ini adalah optimalisasi dan peran Pokjawas, KKM, KKG, MGMP, MGBK sebagai center of excellent peningkatan kompetensi Pendidik dan tenaga kependidikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kakanwil mengungkapkan bahwa Kemenag Sultra juga memberikan perhatian serius terhadap peningkatan Sumber daya non Manusia Madrasah.

“Kemarin Kanwil telah melaunching program Go Green Madrasah yaitu gerakan menghijaukan madrasah agar menjadi asri, indah, nyaman dan menjadi tempat rekreasi atau pembelajaran yang menyenangkan dapat terwujud. Go Green Madrasah merupakan segmen pembangunan Sumber Daya non Manusia sehingga Madrasah memiliki jiwa dan ruh,” terangnya.

Sejalan hal itu, Kakanwil kembali mengingatkan kepada Kepala madrasah dan guru-guru Madrasah untuk terus mengasah kemampuan personal dan memiliki semangat pengabdian yang tinggi. Kompetensi itu penting. Bagaimana bisa mewujudkan siswa yang berkompetensi tinggi jika gurunya berkompetensi rendah.

“Makanya suasana peringatan Hari Guru ini saya pacu untuk terus bersemangat membangun budaya mutu pendidikan dan semangat membina anak-anak menjadi generasi masa depan. Meskipun memiliki sarana dan prasarana yang menunjang namun pada akhirnya Kualitas SDM pada akhirnya yang menetukan hasil. Kata Peter Ferdinand Drucker Bapak manajemen modern mengatakan Kualitas SDM pada akhirnya yang menetukan hasil. Tidak peduli seberapa hebat strategi disusun, secanggih apa teknologi disiapkan sedetil apa rencana dibuat, ujungnya tetap pada eksekusi yang dilakukan oleh manusianya,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah MTsN 2 Konawe, dan segenap Guru lingkup MAN 2 Konawe.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 146 kali