Minggu, 17 Januari 2021

Kakanwil Kemenag Sultra  Menghadiri Pembukaan MTQ Nasional XXVIII

  • Minggu, 15 November 2020 08:12 WIB
Kakanfil Kemenag Sultra saat Mengikuti Upacara Pembukaan MTQN

Padang (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Fesal Musaad, S. Pd. M. Pd. beserta rombongan kafilah Provinsi Sulawesi Tenggara menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVIII di Main Stadium, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu, 14 November 2020 malam.

Gelaran rutin tahunan tersebut resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara virtual dan disaksikan seluruh peserta yang hadir.

Saat sambutan, Presiden mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan Al Quran dan menegakkan syiar Islam serta memperkokoh nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyakat.

“Bagi kaum muslimin, Al Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup aktual sepanjang masa yang berisi nilai-nilai luhur universal. Al Quran juga mengajak semua manusia untuk bekerjasama dalam ketakwaan dan kebaikan, karena kepribadian dan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Quran dapat menebarkan kasih sayang serta menjauhkan perbuatan menyakiti sesama,” ujarnya.

Menurut Presiden, dalam MTQ ini akan tampil Qari dan Qariah terbaik dari seluruh Indonesia. Yakni para generasi muda yang siap untuk berkompetisi secara sehat, berlomba dalam prestasi, serta berkontribusi dalam membangun kualitas sumberdaya umat yang unggul, kokoh, kompetitif, dan berkarakter Islami sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah.

“Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlomba dalam membaca Al Quran. Tetapi merupakan jalan untuk semakin mencintai Al Quran dan sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak,” ujarnya. 

Presiden menambahkan, semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW harus dapat menjadi semangat kita Bangsa Indonesia di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Kita harus ikhlas saling membantu tanpa memandang suku dan agama serta berbagi untuk meringankan saudara kita yang sedang menghadapi kesulitan. Saya yakin dengan pertolongan Allah SWT dan ikhtiar kita bersama, Bangsa Indonesia bisa melalui ujian yang sedang melanda dan bisa segera pulih dari pandemi. Selamat mengikuti MTQ pada semua peserta, semoga keikutsertaan Saudara sekalian dapat memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar Islam,” ucap Presiden sekaligus membuka acara.

Selanjutnya, Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi menyampaikan MTQ XXVIII Tahun 2020 merupakan gelaran yang membuktikan kesungguhan dari proses perencanaan hingga pelaksanaannya.

“Karena berlangsung di tengah wabah yang melanda seluruh dunia, sehingga membutuhkan komitmen dan kedisplinan untuk menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat di semua lini. Semoga akan menjadi ikhtiar maksimal dalam suksesnya penyelenggaraan MTQ Nasional ini,” tuturnya.

Menag mengungkapkan, event MTQ adalah perhelatan yang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. Karena diselenggarakan secara sistematis, rutin, dan berjenjang setiap tahunnya mulai dari tingkat desa sampai tingkat nasional.

“Momentum MTQ juga dapat membantu menggerakan roda perekonomian masyarakat di provinsi yang menjadi tuan rumah penyelenggara. Di samping itu, tindak lanjut dari capaian MTQ Nasional akan direkomendasikan dan diikutsertakan pada ajang MTQ Internasional di berbagai negara di dunia. Tidak kurang dari 16 negara telah mengundang keikutsertaan Indonesia dalam kontestasi MTQ Internasional setiap tahunnya, sejauh ini sudah banyak prestasi yang dimiliki oleh Qari Qariah Indonesia dan telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” paparnya.

Dalam kesempatan kali ini, Menag juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan dan berpartisipasi dalam mendukung penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di Kota Padang.

“Meskipun dilaksanakan dalam kondisi penuh keprihatinan dan kewaspadaan, semoga tidak akan menghilangkan substansi dan nilai dari pelaksanaan MTQ Nasional Tahun 2020 ini. MTQ diharapkan dapat menjadi pendorong semangat untuk membentuk generasi yang Qurani, karena memiliki muatan dakwah,” imbuhnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara mengucapkan syukur karena kafilah Provinsi Sulawesi Tenggara bisa hadir dalam rangka mengikuti MTQ Tingkat Nasional yang XXVIII di Padang, Sumatera Barat.

“Meskipun MTQ Tingkat Provinsi dilaksanakan secara virtual Alhamdulillah kita dari Sultra dapat ikut serta dalam MTQ Nasional XXVIII ini. Partisipasi Sulawesi Tenggara yakni dengan mempersiapkan dan mengirimkan kafilah yang berasal dari para pemenang MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020 melalui virtual, yang diikuti 17 kabupaten Kota se Sultra, lalu” ungkapnya.

Kemudian, Ka. Kanwil menuturkan bahwa tidak mempunyai target yang muluk. Tetapi berharap bisa membawa nama baik Provinsi Sulawesi Tenggara pada beberapa cabang dan golongan, hafiz hafizah, mufassir mufassirah.

“Tiga hal yang menjadi pasword atau kunci keberhasilan yaitu Optimisme, jaga kesehatan, dan yang ketiga kita berikhtiar dan berdoa, semua peserta dari Sultra dapat menumpahkan seluruh pengetahuan serta ilmunya untuk berjuang sekuat tenaga demi kejayaan Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucapnya optimis. 

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Syech
Dibaca : 144 kali