Minggu, 29 November 2020

Bimtek KUA Berbasis IT, Kakanwil Kemenag Sultra : Peningkatan IT Harus Dihadirkan Untuk Lebih Dekat Melayani Umat

  • Senin, 26 Oktober 2020 20:14 WIB

Kendari (Humas Sultra) --- Menghadapi dunia informasi tanpa batas dan kemajuan di era globalisasi revolusi industri 4.0, Kantor Urusan Agama (KUA) dituntut memberikan pelayanan keagamaan secara cepat dan tepat berbasis Aplikasi. 

Menjawab tantangan teknologi yang semakin maju, Kanwil Kemenag Sultra melalui Bidang Urusan Agama Islam memberikan penguatan kepada Aparatur KUA pada kegiatan bertajuk Bimtek KUA Berbasis Informasi dan Teknologi. Senin (26/10) 

Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad mengatakan penggunaan Informasi dan Teknologi berbasis aplikasi dalam melayani umat menjadi keharusan dan perlu lebih ditingkatkan sebagai bagian dari wujud peningkatan reformasi birokrasi. 

"Catatan penting yang perlu saya sampaikan pertama untuk mewujudkan reformasi birokrasi, kita berhadapan di era globalisasi kemudian berhadapan di dunia tanpa batas karena ledakan informasi, dengan demikian penggunaan IT sudah harus dihadirkan dan ditingkatkan untuk melayani masyarakat atau lebih dekat melayani umat, " Terangnya. 

Lebih lanjut Fesal berharap para peserta yang terdiri dari operator pada KUA Kecamatan agar memanfaatkan Bimtek dalam rangka peningkatan kualitas mutu sumber daya manusia dan pelayanan di KUA.

" Operator yang hadir jangan sekedar mengikuti Bimtek, minimal ada sesuatu yang diperoleh yang bisa diaplikasikan dalam konteks peningkatan kualitas mutu pelayanan KUA, " pintanya. 

Lebih jauh, Kakanwil menerangkan bentuk perhatian pemerintah mewujudkan pelayanan umat tidak sebatas menghadirkan SDM KUA yang handal namun juga sumber daya non manusia

"Saya melihat beberapa tahun ini KUA mendapat perhatian dari pemerintah baik dari sisi kualitas SDM maupun sumber daya non manusia. Misalnya penghulu diberi tugas tambahan menjadi kepala KUA, kemudian tenaga operator dipacu agar pelayanannya menjadi baik. Ada Bimtek untuk peningkatan SDM, berikut KUA penampilannya melebihi Kantor Kecamatan karena dibangun dan dibiayai SBSN," Urai Kakanwil. 

Kesemuanya itu, menurutnya merupakan bagian untuk memperkuat fungsi dan peran KUA. Oleh karena itu maka pemerintah berharap ada peningkatan mutu pelayanan dengan menghadirkan aplikasi berbasis IT seperti SIMBI, SIMZAT, SIMKAH, SIWAK, SIMPENAIS, SIK, SIMPONI (Sistem informasi PNBP online). 

"Karena pelayanan kita berbasis aplikasi dan web, yang cepat,tepat dan  tidak berbelit belit, maka itu semua (aplikasi) perlu diperbaharui, kalau tidak paham Kanwil beri Bimtek seperti ini, jika sarana belum memadai seperti komputer nanti diinventaris dan diupayakan ada, ujar Kakanwil. 

"Karena KUA sebagai garda terdepan dan  terasnya Kementerian Agama, kalau terasnya bagus,  nyaman, representatif orang ingin berbondong-bondong masuk dirumah besar Kementerian Agama, " Pungkasnya. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Urais dan Binsyar, Pembimas Budha serta para pejabat eselon IV lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra. 

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 130 kali