Minggu, 29 November 2020

Peringatan Hari Santri di Koltim dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Bukhari Wesalo

  • Jum'at, 23 Oktober 2020 16:28 WIB
Kepala kantor Kemenag koltim saat membacakan Sambutan pada upacara peringatan hari santri

Tirawuta  (Humas sultra) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Timur, Muhammad Yusuf, menghadiri sekaligus Memimpin Pelaksanaan Kegiatan Upacara Hari Santri, Kamis 22/10/2020 Bertempat di Pondok Pesantren Al-Bukhari Wesalo.

Peringatan Hari santri yang bertema ”Santri Sehat Indonesia Kuat” turut dihadiri  Kasubbag TU Junaiddin, Pimpinan Pondok Pesantren Al-BukhariH. Usman Hugi, Pejabat Pengawas Kantor Kemenag Koltim, Kepala KUA Se-Kab.Koltim, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta Kab. Kolaka Timur, ASN Karyawan/Karyawati Kemenag Koltim  beserta guru Pengasuh  santri dan Santriwati Pondok Pesantren.

Dalam Pelaksanaan Upacara Hari Santri, Kepala Kantor Kemenag Koltim bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam arahannya Muhammad Yusuf mengatakan Kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi hari Santri melalui keputusan Presiden No 22 tahun 2015 tentang hari Santri

Tanggal 22 Oktober Merujuk pada tercetusnya ‘RESOLUSI JIHAD’ yang Berisi Fatwa Kewajiban Berjihad demi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa Heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati hari pahlawan.

Selain penetapan hari santri,santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren . undang-undang ini Memberikan Afirmasi,Rekognisi, dan Fasilitasi terhadap Pesantren dalam melaksanakan Fungsi Pendidikan, Fungsi dakwah,dan fungsi Pemberdayaan Masyarakat.

Agar undang-undang pesantren lebih Implementatif, Kementerian Agama di berikan mandat untuk mempersiapkan Regulasi Turunannya berupa peraturan Presiden tentang pendanaan Penyelengaraan pesantren serta beberapa peraturan menteri Agama

“Untuk peringatan  Hari Santri Tahun ini secara khusus mengusung tema” Sanrti Sehat Indonesia Kuat” isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional,tak terkecuali.

Muhammad Yusuf juga menyampaikan harapannya agar pembangunan semoga Berjalan dengan baik dan Lancar kepada para guru agar lebih semangat lagi dalam membina, mendidik dan mengajar dan semoga para santri yang didik dipondok ini bisa mendapatkan ilmu yang lebih baik pula.

Indonesia saat ini,tengah dilanda pandemi global Corona Virus disease 2019 (covid-19).

"kita semua berikhtiar agar pandemi  segera berlalu. Keluarga pesantren, santri, masyarakat Indonesia dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik, “SELAMAT HARI SANTRI SANTRI SEHAT INDONESI KUAT," tandasnya. 

Usai Mengikuti Kegiatan Upacara Hari Santri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Timur didampingi Pimpinan Pondok Pesantren Al-Bukhari Bersama Kasubbag TUKemenag  Kolaka Timur dan Pejabat Pengawas  Kantor Kemenag Kolaka Timur,Beranjak Kelokasi Pembangunan Perumahan Guru Tahfidz Untuk Peletakan Batu Pertama. Sebelum Peletakan Batu Pertama pembangunan rumah Guru.

Sumber : -
Penulis : Zuchri Malazuhan/Kementerian Agama Kab. Kolaka Tim
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 101 kali