Minggu, 29 November 2020

4 Tahun Berturut-Turut MTs Pesri Mewakili Sultra Pada Ajang KSN

  • Jum'at, 23 Oktober 2020 07:54 WIB
Siswi MTs Pesri, Aqilah Dzakiyah sedang mengikuti seleksi KSN secara Virtual

Kendari (Humas Kanwil)...Tak diragukan lagi, sebagai lembaga pendidikan yang berdaya saing, Madrasah Tsanawiyah Pesantren Ummusshabri Kendari selalu mengukir prestasi dan menunjukkan kualitasnya.

Hal ini dibuktikan dengan kembali meloloskan siswanya mewakili Sulawesi Tenggara ke tingkat Nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang studi Matematika atas nama Aqilah Dzakiyah.

Dengan prestasi ini  MTs Ummusshabri telah empat tahun secara berturut-turut mewakili Sulawesi Tenggara pada ajang KSN yang tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 6 November 2020 di Jawa Barat. 

Kepala Madrasah Tsanawiyah Ummusshabri Kendari Imanul Muttaqin, atas prestasi yang membanggakan ini mengungkapkan kesyuruannya karena MTs Ummusshabri Kendari kembali mewakili provinsi Sulawesi Tenggara dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020. Capaian ini diraih setelah melalui proses seleksi secara online yang diikuti ratusan pelajar terbaik dari seluruh sekolah dan madrasah se-Sulawesi Tenggara.

Iman menambahkan bahwa MTs Ummusshabri secara konsisten dalam empat tahun terakhir selalu mewakili provinsi Sultra dalam event kompetisi sains di tingkat nasional baik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud maupun Kemenag.

"Hal ini menjadi indikasi bahwa prestasi yang diraih oleh peserta didik MTs Ummusshabri merupakan buah dari proses pembelajaran yang bermutu dan tidak hanya sekedar mengandalkan kualitas input peserta didik. Olehnya itu, saya berharap sistem pembelajaran yang tengah berlangsung saat ini di MTs Ummusshabri dapat terus kita perkuat melalui sinergitas antara guru dan wali murid sehingga bersama kita wujudkan madrasah bermutu yang mampu mencetak peserta didik yang kompeten dan kompetitif, harapnya".

Sementara itu ketua Yayasan Ummusshabri Kendari Dr. Supriyanto, juga mengapresiasi torehan prestasi siswa MTs Ummusshabri yang terpilih mengikuti ajang KSN Tingkat Nasional ini, menurutnya prestasi ini adalah buah dari ikhtiar ilmiah yang terus menerus dilakukan oleh MTs Ummusshabri Kendari.

"Kita tahu bahwa KSN itu merupakan ivent bergengsi karena pesertanya adalah siswa/siswi terbaik yang terpilih dari sekolah dan madrasah di Indonesia. Karena itu saya mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih MTs Ummusshabri yang kembali membawa nama Sulawesi Tenggara ke ajang Kompetisi Sains Nasional tahun ini," terang Supri. 

Lebih lanjut ia menuturkan prestasi ini menunjukkan bahwa MTs Ummusshabri sudah memiliki pola pembinaan yang bagus dan juga budaya mutu yang sudah terbangun, tentunya juga peran guru pembimbing sangat besar, ditambah dengan potensi siswa itu sendiri. 

Hanya saja Supriyanto mengingatkan pihaknya tidak hanya puas sampai di sini karena semua sekolah dan madrasah juga terus berusaha untuk memperoleh juara,  terlebih di tingkat nasional akan berkompetisi dengan sekolah dan madrasah yang punya prestasi nasional bahkan internasional. 

"Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus memacu MTs Ummusshabri dalam menemukan strategi yang lebih jitu lagi untuk mendapatkan juara di tingkat Nasional,” tutupnya. 

Sumber : Muh. Anwar / Ummusshabri
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 215 kali