Minggu, 29 November 2020

Siswa MTs Ummusshabri Kendari Melaju Ke KSN Tingkat Nasional

  • Kamis, 22 Oktober 2020 21:52 WIB
Foto Saat siswa MTs Ummusshabri Kendaari ikut Lomba KSN Provinsi Sultra

Kendari (Humas Sultra) --- Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara Virtual Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu, telah meloloskan seorang siswa MTs Ummusshabri Kendari untuk berkompetisi diajang KSN Tingkat Nasional secara Virtual yang rencananya akan laksanakan sekitar 1-6 November 2020 mendatang.

Berdasarkan Surat Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2322/J3/PD/2020 tanggal 22 Oktober 2020 tentang Penetapan Peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional, seorang siswa Peserta KSN utusan dari MTs Ummusshabri Kendari atas nama Aqilah Dzakiyah melaju ke KSN  tingkat Nasional.

Siswa yang duduk di bangku kelas IX ini lolos ke Tingkat Nasional setelah sebelumnya menyisihkan beberapa peserta lainnya dari beberapa sekolah dan madrasah se Provinsi Sultra.

Lynna Herlyanna, S.Pd, salah seorang guru pembina olimpiade matematika MTs Ummusshabri Kendari menuturkan bahwa prestasi siswa MTs Pesri Kendari di KSN yang berbasis Virtual ini merupakan prestasi yang luar biasa, semua ini tentunya sangat terkait dengan upaya pembinaan siswa yang selama ini dilaksanakan sehingga siswa yang selama ini intensif mengikuti pembinaan dan bimbingan, akhirnya bisa mencapai hasil yang membanggakan dan bisa lolos ke tingkat nasional.

"kita berharap di tingkat nasional pun  siswa MTs Ummusshabri bisa juara," harapnya.

Sementara itu Kepala MTs Ummusshabri Kendari Imanul Muttaqin, S.Pd.I bersyukur dan mengapresiasi keberhasilan siswa MTs Ummusshabri Kendari di ajang KSN ini.

”Alhamdulillah, MTs Ummusshabri Kendari kembali mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020. Capaian ini diraih setelah melalui proses seleksi secara daring yang diikuti ratusan pelajar terbaik dari seluruh sekolah dan madrasah se-Sulawesi Tenggara,“ ucapnya.

Lebih jauh ia juga menyampaikan MTs Ummusshabri secara konsisten dalam empat tahun terakhir selalu mewakili Provinsi Sultra dalam event kompetisi sains di tingkat nasional baik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud maupun Kemenag. 

"Hal ini menjadi indikasi bahwa prestasi yang diraih oleh peserta didik MTs Ummusshabri merupakan buah dari proses pembelajaran yang bermutu dan tidak hanya sekedar mengandalkan kualitas input peserta didik," terangnya.

Olehnya itu, saya berharap sistem pembelajaran yang tengah berlangsung saat ini di MTs Ummusshabri dapat terus kita perkuat melalui sinergitas antara guru dan wali murid sehingga bersama kita wujudkan madrasah bermutu yang mampu mencetak peserta didik yang kompeten dan kompetitif,” ungkapnya.

Ada 3 kategori yang dilombakan pada event KSN yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (IK).

Sumber : Ismail Kadir
Penulis : Ismail Kadir, M.Ag/MTs Pesri Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 57 kali