Minggu, 29 November 2020

Khalifah : Pesantren Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan

  • Kamis, 22 Oktober 2020 16:49 WIB

Wangi-Wangi (Humas Sultra) --- Usai mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Santri Nasional yang digelar oleh Kementerian Agama secara virtual, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi, Khalifah, didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, H. La Umuri, dan Kepala MAN 1 Wakatobi, La Ode Maurida, berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan (22/10).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional kepada seluruh santri. Menurutnya seorang santri harus bangga karena belajar di pondok pesantren, sebab pondok pesantren banyak melahirkan orang-orang hebat dalam sejarah kemerdekaan Indonesia

“Selamat Hari Santri Nasional 2020. Banggalah apabila belajar di pondok pesantren, sebab pondok pesantren banyak melahirkan orang-orang hebat yang menjadi garda terdepan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia”

Khalifah juga menjelaskan tema Hari Santri Tahun ini adalah Santri Sehat Indonesia Kuat. Dikatakannya bahwa tema tersebut diusung karena pesantren dinilai mampu menanggulangi dan menghadapi pandemi Covid-19.

"Tema Hari Santri Tahun ini adalah Santri Sehat Indonesia Kuat. Diusungnya tema ini sebab pesantren dinilai mampu menanggulangi dan menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, dikarenakan tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri” jelas Khalifah.

Oleh Karena itu, Khalifah berharap agar pesantren dapat senantiasa menerapkan protokol kesehatan  dalam setiap kegiatan keagamaan, sehingga menjadi agen perubahan ditengah masyarakat.  

 “Tentunya kita berharap agar pondok pesantren senantiasa menerapkan protokol kesehatan  dalam setiap kegiatan keagamaan yang dilakukan, dengan begitu pesantren menjadi contoh dan agen perubahan terhadap masyarakat sekitar dalam hal penerapan protokol kesehatan” Khalifah menambahkan

Lebih jauh Khalifah berharap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, maka penularan virus Covid-19 dapat dihindari.

“Selain itu, dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, diharapkan penularan virus Covid-19 di Wakatobi dapat terus dihindari, sehingga santri dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik dan kondusif” ungkapnya

“Diharapkan momen Hari Santri Nasional ini, dapat menumbuhkan kesadaran dan semangat kita untuk terus menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama dilingkungan pondok pesantren. Lakukan 3 M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan sesering mungkin, dan Menjaga jarak satu sama lain” tutupnya.

Sumber : -
Penulis : Arjun, S.Pd/Kementerian Agama Kab. Wakatobi
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 89 kali