Minggu, 29 November 2020

Kakanwil Kemenag Sultra : Da'i Sebagai Duta Perdamaian

  • Rabu, 21 Oktober 2020 16:00 WIB

Kendari (Humas Sultra)---Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad kembali membuka Bimbingan Teknologi (Bimtek) Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Gelombang Kedua,  Rabu (21/10).

Bertempat di Zahra Syariah Hotel Kendari, Kakanwil menyampaikan sambutannya dihadapan para Da'i se Sultra. Menurutnya, penguatan kompetensi penceramah agama atau disebut Da'i merupakan hal penting dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Membangun NKRI dibutuhkan tiga aspek penting yakni peningkatan kompetensi keagamaan, kebangsaan, dan kemanusiaan," jelasnya. 

Fesal kembali menekankan bahwa tiga aspek penting yang dipaparkan sebelumnya menjelaskan tentang peran penceramah agama sebagai duta perdamaian.

Penceramah agama, lanjutnya dibutuhkan tidak hanya dalam peningkatan kompetensinya dibidang  agama melainkan juga peningkatan kompetensi dibidang wawasan kebangsaan. 

"Agama dan Negara tidak bisa dipisahkan. Hal ini dilihat dalam konteks NKRI. Sebab Negara dan Agama dikategorikan sebagai simbiosis mutualisme. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena negara membutuhkan agama, begitupun sebaliknya, untuk itu negara dan agama harus saling mengisi dan mengawasi dalam menciptakan perdamaian NKRI," ungkapnya.

Dirinya berharap para penceramah agama sebagai duta perdamaian tersebut mampu menciptakan suasana moderasi beragama dihadapan para umat dan masyarakat sehingga manusia bisa hidup rukun, aman, dan sejahtera. 

"Untuk menciptakan moderasi beragama 
kita cukup tanamkan dalam diri kita, dan juga masyarakat tentang bagaimana menumbuhkan sikap ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Insaniyah,  dan ukhuwah Wathoniyah.

"Jika kita tanamkan 3 sikap tersebut, saya yakin Indonesia bisa menjadi eksportir moderasi, " tutup Fesal Musaad.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sultra juga membuka kegiatan yang sama pada gelombang pertama diikuti masing-masing 100 peserta terdiri dari para penceramah dan ormas keagamaan Islam se Sultra. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua MUI Sultra, KH. Mursyidin, Wakil Ketua MUI Sultra, KH. Djakri Nappu, Kabid Penais dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Muhammad Kadir Azis, Kabid Urais dan Binsyar, Jamaludin serta para peserta dan segenap Panitia.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 88 kali