Minggu, 29 November 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Beri Sambutan pada MTQ Virtual Provinsi XXVIII

  • Senin, 21 September 2020 16:40 WIB
Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad saat memberikan sambutan pada Pembukaan MTQ Virtual Tingkat Prov. Sultra XXVIII

Kendari,(Humas Sultra)--- Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Pembukaan MTQ Virtual Tingkat Prov. Sultra XXVIII yang berpusat di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Prov. Sultra, Senin (21/09).

Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi membuka secara resmi MTQ Virtual Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara XVIII. Turut hadir diantaranya Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, Ketua tim Penggerak PKK Provinsi Sultra Agista Ariany, Sekda Prov. Sultra Nur Endang Abbas, jajaran Forkopimda Sultra,. Para Dewan Hakim MTQ, sejumlah pimpinan OPD Prov. Sultra, dan para pemuka agama, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Fesal Musaad dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTQ ke 28 Virtual yang dilaksanakan tahun ini merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam menekan laju penyebaran Covid 19 di Sultra sekaligus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia dan kemanusiaan di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Mengangkat tema MTQ virtual aman Covid-19, Momentum membangun generasi Qurani sebagai suatu harapan dari kita semua dalam menghadapi penyebaran Covid 19 yang masih menjadi perhatian dunia, terkhusus wilayah Sulawesi Tenggara agar senantiasa beribadah sehingga negara kita menjadi negara yang baldatun thoyyibatun warabbun gafur. ," ungkapnya.

Fesal Musaad melanjutkan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah forum silaturahim antar umat beragama, terutama kaum muslimin dari berbagai golongan dan daerah dengan tujuan dan niat yang sama mengikuti ajang kompetisi yang telah membudaya di kalangan masyarakat.

"Mereka hadir secara virtual dari penjuru Kabupaten dan Kota tidak sekedar ber-MTQ dan meraih prestasi semata, tetapi mereka juga hadir untuk menampilkan semangat membangun persaudaraan sesama saudara seagama, saudara sebangsa dan saudara sesama umatNya," lanjutnya.

"Momentum seperti ini harus terus dijaga, dipelihara dan dikembangkan untuk membangun Provinsi Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat sesuai visi pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara," pesan Fesal Musaad.

Fesal Musaad  kembali menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ ini tidak dapat dipisahkan dari upaya menumbuhkan kecintaan umat Islam kepada Alqur’an melalui kegiatan yang memadukan seni, ilmu dan agama, maka MTQ bukan hanya ajang lomba menang atau kalah dalam seni membaca Alquran, tetapi harus dipandang sebagai suntikan energi untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir Fesal Musaad mengucapkan kepada seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam ajang MTQ Virtual tersebut.

"Selamat ber-MTQ di bumi anoa Provinsi Sulawesi Tenggara tercinta, junjung tinggi semangat sportivitas dan kejujuran, karena MTQ ajang pembawah rahmat bagi sekalian alam," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya menyampaikan, MTQ diharapkan menghadirkan generasi Qura'an yang berahlak dan berprilaku sesuai ajaran dan tuntunan Al Qur'an, sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia.

Lebih lanjut Ali Mazi mengatakan, MTQ kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena berada di masa pandemi Covid 19. Menurutnya, pelaksanaan MTQ secara virtual merupakan solusi dan upaya paling aman mengatasi Covid-19. “Semua peserta dan panitia wajib melaksanakan protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan kita,” katanya.

 

Sumber : Nisa Nurhayati
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 176 kali