Jum'at, 18 September 2020

Pokjaluh Kemenag Muna, Diskusikan Materi Tayammum

  • Rabu, 16 September 2020 15:37 WIB
Pokjaluh Kemenag Muna, Laksanakan Diskusi Materi B/P, Selasa,15 September 2020 di Musala Al Ikhlas Kemenag Muna

Raha (Humas Sultra) --- Hari Selasa (15/9) Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Fungsional Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muna, Melaksanakan Diskusi Materi Bimbingan Penyuluhan (B/P) di Musala Al Ikhlas Kantor Kemenag Kab. Muna.

Dalam Diskusi kali ini, bertindak sebagai Penyaji, Dra. Wa Ode Mutsakkal Sino, M.Pd, dan Narasumber, Hasni, S.Ag serta Pembahas adalah seluruh Penyuluh Agama Islam Fungsional yang hadir.

Dikonfirmasi usai para Penyuluh melaksanakan Diskusi, Ketua Pokjaluh Kemenag Muna, Wa Ode Siti Karsi, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa Diskusi kali ini bertemakan Tayammum, dengan sub tema Pengertian Tayammum.
Diangkatnya tema ini, agar para Penyuluh, lebih mengetahui dan memahami, dan bisa menyamakan persepsi, tentang pengertian Tayammum.

" Tidak hanya sampai disitu, tetapi para Penyuluh juga membahas tentang sebab-sebab diperbolehkannya Tayammum, Syarat dan Rukun Tayammum, Sunnah Tayammum, Yang membatalkan Tayammum, dan beberapa masalah yang bersangkutan dengan Tayammum, serta Praktek Tata Cara Tayammum," terangnya.

" Dasar hukum Tayammum antara lain, adalah Al Qur'an Surat Al Maidah Ayat 6 dan Hadits Rasulullah Muhammad SAW,  yang diriwayatkan Muslim, yang artinya " Dijadikan bagi kamu (umat Nabi Muhammad SAW), permukaan bumi sebagai thahur/sesuatu yang digunakan untuk bersuci (tayammum) jika kamu tidak menjumpai air," tuturnya.

" Adapun target diangkatnya materi ini, agar para Penyuluh lebih memahami masalah Tayammum, sehingga dalam pelaksanaan Bimbingan Penyuluhan (B/P) dimasyarakat, lebih mantap dan berkualitas, serta tentunya jika dilaksanakan sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW, akan bernilai Ibadah," pungkasnya.

Kegiatan Diskusi hari ini, dihadiri 11 orang Penyuluh Agama Islam Fungsional, yaitu Wa Ode Siti Karsi, S.Ag, M.Pd, Dra. Wa Ode Mutsakkal Sino, M.Pd, Dra. Waode Darsia, Hasni, S.Ag, Masnah, S.Ag, Dra. Wa Ode Nurhayati, Wa Ode Hartina, S.Ag, Sitti Nurawal, S.Ag, Drs. La Moga, Drs. La Nuuni, dan La Ode Mahyudi, S.Ag.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 57 kali