Jum'at, 18 September 2020

Dirjen Bimas Hindu Webinar dengan Penyuluh Agama Sulawesi Tenggara

  • Senin, 14 September 2020 10:12 WIB
Webinar Penyuluh Series 12 - Tamu Istimewa Matur Suksma Pak Dirjen

Kendari, (Humas Sultra) --- Bimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra bersama Pokjaluh Agama Hindu Prov. Sultra, Minggu, 13/9/2020), Pk. 19.00 Wita-22.00 Wita menyelenggarakan Webinar Series yang sudah masuk series ke-12, via aplikasi Zoom Meeting.

Webinar Penyuluh Agama Hindu Sultra, Berkarya Di Tengah Pandemi Covid-19, kali ini terasa istimewa, karena hadir Dirjen Bimas Hindu Kemenag R.I., Tri Handoko Seto. 

Bimas Hindu dan Pokjaluh pada webinar 12 ini bekerjasama dengan STAH Bhatara Guru Kendari. Narasumber, I Nengah Suliarta, S.E., M.Fil.H., Ketua STAH Bhatara Guru Kendari, Moderator: I Nyoman Suweta, S.Ag. dan Host: Putu Arya Darma, S.Pd.H.

Topik yang diambil adalah "Penyuluh Agama Hindu, Pewarta Dharma Penyejuk Jiwa." Pengambilan topik ini karena berkaitan erat dengan tugas penyuluh di umat sebagai juru penerang yang menerangi jalan gelap menjadi terang, memberikan siraman rohani kepada umat. 

Dirjen Bimas Hindu sempat memberikan arahan di akhir acara, yang mana beliau mengingatkan kembali fungsi penyuluh agama Hindu sebagai perpanjangan tangan Ditjen Bimas Hindu di masyarakat. Penyuluh wajib memiliki data potensi keumatan di wilayah binaannya.

"Fungsi penyuluh Agama itu tidak hanya dharma wacana, ada 4 fungsi Penyuluh, yaitu: informatif, edukatif, konsultatif, dan  advokatif," tegas beliau. 

Hadir pula, Jro Mangku Danu Wayan Sudarma, penyuluh agama senior Kankemenag Bangli, ikut mengelaborasi dalam webinar ini.

Sumber : Pande Kadek Juliana
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 33 kali