Jum'at, 18 September 2020

Kasi PAI Kemenag Muna: Jangan Ada lagi Istilah Disiplin Terbang

  • Kamis, 10 September 2020 12:57 WIB
Apel Pagi ASN Kantor Kemenag Kab. muna, Dipimpin Kepala Seksi PAI, Drs. Hasan Singku, M.Si, Kamis, 10 September 2020

Raha (Humas Sultra) --- Jangan ada lagi istilah, bahwa disiplin kita itu adalah Disiplin Terbang! ujar Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, Hasan Singku, saat memberikan arahan pada Apel Pagi, hari Kamis (10/9) di Pelataran Kantor Kemenag Kab. Muna.

Mengawali arahannya, Hasan Singku mengatakan bahwa, setelah beberapa hari ini, mulai hari Selasa yang lalu, tanggal 1 September 2020, kita sudah kembali melaksanakan Absen Fingerprint dengan memperhatikan Protokol Kesehatan, yaitu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah finger, setelah beberapa bulan kita menggunakan absen manual, dengan harapan agar kedisiplinan tetap berjalan sebagaimana biasa, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

" Oleh karena dengan diaktifkannya Fingerprint, ternyata mempengaruhi kehadiran kita pada saat mengikuti Upacara Hari Senin dan Apel Pagi pada hari-hari berikutnya, dan hal ini dapat kita lihat dari bertambahnya peserta yang mengikuti Apel Pagi hari ini," tuturnya.

" Oleh sebab itu, saya mengajak kepada kita semua, termasuk diri saya barangkali, mari kita pertahankan dan tingkatkan kedisiplinan ini, mudah-mudahan tidak ada istilah disiplin kita itu, Disiplin Terbang, artinya Disiplin Terbang yang saya maksudkan disini adalah ketika pada pagi hari seperti ini, kita banyak berada dilingkungan tempat kerja kita, tetapi begitu sudah masuk jam 9 dan seterusnya, perlahan-lahan, satu demi satu, Aparatur Sipil Negara  (ASN) kita menghilang, hingga tidak berada lagi ditempat, dan nanti pada saat mau finger pulang, pada jam 16.00 atau jam 16.30 baru kembali lagi di Kantor," lanjutnya.

Lebih lanjut Hasan Singku, mengatakan bahwa, barangkali ini mungkin saya mengingatkan  kepada kita semua, supaya ada perubahan-perubahan yang terjadi pada diri kita, dan hal-hal seperti ini barangkali yang menjadi perhatian kita, dan ini merupakan kewajiban bagi saya selaku penerima apel, untuk saling mengingatkan satu sama lain.

" Mumpung kita masih dalam suana bulan Muharram 1442 H, saya teringat dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kemenag, saat Upacara Hari Senin (24/8) yang lalu, ia mengingatkan kepada kita semua, untuk mengevaluasi diri kita ditahun 1441 H yang lalu, yang intinya kita diajak untuk berhijrah dari hal-hal yang tidak baik ke hal-hal yang lebih baik lagi, termasuk kedisiplinan kita ini, semoga mengalami perubahan, yang tadinya kita kurang disiplin, marilah kita tingkatkan agar kita lebih disiplin lagi, dan mudah-mudahan memasuki tahun 1442 H, ini mengalami perubahan yang signifikan," sambungnya.

" Saya teringat pesan Umar bin Khattab RA, berkata, Hasibu anfusakum qabla an tuhasabu, artinya Evaluasi dirimu sebelum dievaluasi Allah SWT, artinya disini terlepas dari hubungan vertikal kita kepada Yang Maha Kuasa, kita juga harus memperhatikan bagaimana tugas dan kewajiban kita sebagai ASN Kemenag, dan mohon maaf ini, barangkali sebagai koreksi bagi kita semua, termasuk mengoreksi diri saya, khususnya memasuki tahun 1442 H dan pada masa-masa yang akan datang, kualitas dari pada kedisiplinan kita, kita perhatikan dan tingkatkan," tambahnya.

" Sekali lagi, ini adalah merupakan bahan koreksi bagi kita semua dan diri saya, mudah-mudahan disiplin yang kita harapkankan, jangan ada lagi istilah bahwa disiplin kita itu adalah Disiplin Terbang," pungkasnya.

Apel pagi hari ini diikuti Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), para Kepala Seksi, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Koordinator Pengawas, Pengawas dan ASN lingkup Kantor Kemenag Kab. Muna.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 135 kali