Jum'at, 30 Oktober 2020

Ummusshabri Kerjasama Dengan Sampoerna University

  • Rabu, 09 September 2020 17:46 WIB
Diskusi teknis pelaksanaan SEP antara Ummusshabri dengan Sampoerna University

Kendari (Humas Sultra) --- Setelah meneguhkan diri sebagai lembaga pendidikan bertaraf internasional, Ummusshabri semakin dikenal oleh masyarakat dan menjadi lirikan berbagai lembaga pendidikan dalam dan luar negeri.

Salah satunya  adalah Sampoerna University, sebuah perguruan tinggi bertaraf internasional di Jakarta, memiliki niatan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan terpadu Yayasan Ummusshabri Kendari. 

Tentunya hal ini semakin menambah percaya diri bagi pengelola dan pelaksana pendidikan lingkup Yayasan Unnusshabri Kendari. Apalagi menurut Adesty selaku koordinator School Experience Program (SEP) bahwa Ummusshabri menjadi sekolah pertama di kawasan Timur Indonesia yang dipilih oleh Sampoerna University menjadi sekolah mitra dalam pelaksanaan SEP. Selama ini Mahasiswa Fakultas Pendidikannya melaksanakan  SEP di sekolah-sekolah Internasional di wilayah Jawa, tetapi kali ini mencoba ada yang  keluar pulau Jawa dan pilihannya jatuh ke Ummusshabri.

Lebih lanjut Adesti, alasannya Ummusshabri mulai dikenal oleh komunitas sekolah-sekolah internasional khususnya dari inovasi yang dilakukan. Saat Pandemi Covid 19 ini misalnya, ia menggagas  Pembelajaran Jarak  Jauh (PJJ) dengan Mentari Group dimana  para pengajar mata pelajaran  matematika dari para trainer guru sekolah internasional yang tergabung dalam Mentari Teacher Akademi (MTA). Inovasi lain di masa pandemi ini yaitu menerapkan  model pembelajaran Hybrid Learning dengan tingkap partisipasi peserta didik sekitar 98%. Ini menurut kami yang membuat ketertarikan menjalin kerjasama Sampoerna University dengan Ummusshabri.

Tentunya kerjasama awal dalam program SEP ini menjadi pintu pembuka untuk memperluas wilayah yang dapat dikerjasamakan, antara lain; pengembangan kompetensi guru, pengembangan potensi siswa bahkan hingga beasiswa.

Diskusi teknis pelaksanaan SEP antara Ummusshabri dengan Sampoerna University telah dilaksanakan pada Sabtu, 5 September 2020. Dari pihak Sampoerna University diwakili oleh Koordinator dan co-Coordinatro SEP, Ketua Jurusan Matematika dan Ketua Jurusan Bahasa Inggris. Sementara dari pihak Ummusshabri hadir seluruh pengurus Yayasan dan para Kepala Madrasah.

Program School Experience Program (SEP), yaitu pihak Sampoerna mengirimkan mahasiswa jurusan keguruan pada prodi Bahasa Inggris dan Matematika ke Umusshabri untuk melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Program SEP itu  berlaku pada mahasiswa semester awal akan melakukan observasi, kemudian pada mahasiswa semester 3 dan 4 mendampingi guru mengajar. "Lalu untuk mahasiswa tahap akhir akan melakukan pengajaran secara mandiri di Ummusshabri," terang Ketua Yayasan Ummushabri, Supriyanto. 

Dari kerjasama ini tentunya memberikan manfaat bagi Ummusshabri, timbal baliknya untuk Ummusshabri, yakni siswa Ummusshabri memiliki akses dan berkesempatan kuliah di Sampoerna University melalui program jalur beasiswa berprestasi.

Dengan terjalinnya kerjasama ini semakin memperluas kiprah Ummusshabri menjadi lembaga pendidikan yang makin dikenal dalam dan luar negeri (IK)

 

Sumber : Ismail Kadir
Penulis : Ismail Kadir, M.Ag/MTs Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 338 kali