Jum'at, 30 Oktober 2020

Fesal Musaad : Tantangan Terberat Dunia Pendidikan itu Guru

  • Jum'at, 28 Agustus 2020 19:20 WIB

Baubau (Humas Sultra) --- Tantangan terberat dunia pendidikan saat ini bukanlah sarana dan prasarana bukan pula pembiayaan, namun tantangannya ada pada guru.

Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad menegaskan hal tersebut di hadapan para guru madrasah se Kota Baubau serangkaian kegiatan Workshop Pengembangan Profesi Guru se KKM MTsN 1, MIN 1 dan MIN 2 Baubau. Jumat (28/8) di Aula MAN 1 Baubau.

Kepercayaan yang diemban menjadi seorang guru menurut Kakanwil menjadikan tenaga pendidik harusnya untuk lebih profesional meskipun saat ini dunia masih dilanda Pandemi COVID-19.

Kita sudah dipercayakan menjadi pendidik, saya minta jadilah pendidik yang profesioanal, pendidik yang melekat kompetensi kepribadiannya bagus, kompentasi sosial, profesionalme dan pedagogik bagus, " Pintanya.

Impian haruslah menyala dengan apapun yg kita miliki, meskipun yg kita miliki tidak sempurna. Meskipun itu retak retak.

Pandemi COVID- 19 yg melanda, olehnya itu guru segera menghadirkan transformasi pembelajaran dari materi pelajaran ke life skill. Dunia sangat membutuhkan siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, mencari informasi, berpikir kritis, kemampuan konseptual yang baik, menghitung, membaca dan berkolaborasi.

"Bila siswa hanya mendengar dan menyaksikan guru akting dipanggung, kapan life skill siswa ini terbangun jika siswa tidak melakukannya. Guru harus mengubah mindset dari besok saya mengajar apa menjadi besok siswa bisa apa," tutur Fesal.

Kakanwil menilai, perlunya menghadirkan transformasi pembelajaran dengan membangun literasi digital sebagai proses inovasi, agar pembelajaran tidak ketinggalan serta menanamkan karakter dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.

"Saya ingin tidak hanya guru yang berubah tapi lingkungan sekolah, madrasah, ruang kelas ikut berubah menjadi tempat rekreasi agar para siswa merasa aman nyaman untuk belajar dan bekerja," jelasnya.

Pemerintah juga terus memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap pendidikan dengan memberikan bantuan anggaran untuk membantu lembaga pendidikan di masa pandemi Covid-19 melalui program Bantuan Operasional. Biasakan anak untuk belajar daring (e- learning, e- library, e- book), agar literasi digitalnya mumpuni di era digital saat ini.

"Mari kita perbaiki niat dan komitmen membangun pendidikan berkualitas. Guru harus memainkan peran agar anak-anak bisa maju dan berkembang. Pungkasnya. 

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan Kasi Kelembagaan, Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau serta para Kepala Madrasah dan Pengawas se Kota Baubau. 

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 202 kali