Jum'at, 30 Oktober 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Ajak Penyuluh Agama Sampaikan Islam yang Rahmatan lilalamin

  • Minggu, 23 Agustus 2020 13:53 WIB

Kolaka, (Humas Sultra) --- Penyuluh Agama dalam memberikan bimbingan dan pembinaan diharapkan untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lilalamin.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad, saat memberikan sambutan pada Pembinaan ASN dan Penyuluh Agama Islam non PNS di Sasana Praja, Kantor Bupati Kolaka, minggu, (23/8).

Fesal Musaad mengungkapkan titik awal berdirinya Negeri Madinah adalah peristiwa sejarah saat Rasulullah melakukan hijrah bersama sahabat dan keluarga dari Mekkah ke Madinah sebagaimana yang diperingati sebagai Tahun Baru Islam. 

Rasulullah diutus kedunia ini tidak untuk mengislamkan atau menaklukkan dunia tetapi sebagai Rahmatan lilalamin. Madinah bukan merupakan Negara Islam tetapi Rasulullah membangun negeri madinah dengan menjunjung tinggi perbedaan, toleransi, menjunjung tinggi supremasi hukum, keadilan dan kesejahteraan. Itulah negeri yang baldatun tayyibatun warabbun ghafur," ungkap Kakanwil. 

Demikian halnya dengan Penyuluh Agama agar hal ini menjadi pegangan. Penyuluh agama menjadi rahmat sebagai juru penerang tempat orang bertanya tentang hal ikhwal keagamaan dan menjadi duta-duta perdamaian serta sebagai benteng Paham aneh-aneh yang dapat merusak tatanan kehidupan bernegara.

Olehnya itu dirinya mengharapkan komitmen kebangsaan penyuluh Agama tuntas karena cinta negara bagian dari iman. Penyuluh Agama juga terus mengasah kompetensi personal," jelasnya. 

Lebih lanjut Kakanwil mengingatkan agar ASN dapat memberikan jiwa agar Institusi menjadi hidup. Dirinya juga mengingatkan untuk meneguhkan tagline 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama untuk mendongkrak karakter ASN Kemenag.

Fesal lantas mengibaratkan sebuah rumah yang memiliki fondasi, tiang dan atap. Lima Budaya Kerja Kemenag yang mencakup Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab dan Keteladanan merupakan tiang bagi seluruh ASN Kemenag yang bernaung dibawahnya. Jika kelima tiang tersebut kokoh maka tidak akan mudah goyah dan roboh diterpa apapun.

Kita punya kewajiban menjaga institusi ini apalagi sebagai institusi yang punya embel Agama," ungkapnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kolaka, H. Ahmad Syafei, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka, Abdul Azis Baking, Kabid Penais dan Pemberdayaan Zakat Wakaf, Muhammad Kadir Azis, pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Sultra, ASN dan para penyuluh Agama non PNS lingkup Kantor Kemenag Kab. Kolaka.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 275 kali