Minggu, 29 November 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Letakkan Batu Pertama Pembangunan PLHUT Kemenag Kolaka

  • Minggu, 23 Agustus 2020 10:41 WIB
Kakanwil, Fesal Musaad meletakkan batu pertama Pembangunan PLHUT Kemenag Kolaka, minggu, (23/8).

Kolaka, (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad, bersama Bupati Kolaka, H. Ahmad Syafei meletakkan batu pertama pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka, minggu, (23/8).

Fesal Musaad dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa hakikat peletakan batu pertama dalam setiap pembangunan adalah meletakkan pondasi utuh, landasan pijak, serta gagasan-gagasan awal dalam rangka kesejahteraan umat, bangsa, dan NKRI. 

"Hakikat peletakan batu pertama adalah awal atau dasar pondasi utuh, landasan pijak, serta gagasan dalam pembangunan guna kesejahteraan umat, bangsa dan NKRI," terangnya. 

Fesal Musaad  juga menuturkan bahwa PLHUT yang akan dibangun saat ini merupakan bentuk transformasi publik pelayanan haji dan umroh yang memiliki fungsi memberikan kemudahan dalam proses pemberkasan serta pelayanan dalam kepengurusan jemaah untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh.

"Kementerian Agama diberikan tugas dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh di Indonesia. Untuk itu, guna memberikan pelayanan prima  kepada jemaah, maka Kementerian Agama membangun PLHUT yang nantinya bisa memudahkan kepengurusan jemaah dalam beribadah di Tanah Suci," ungkapnya. 

Dikesempatan yang sama, Bupati Kolaka, Ahmad Safei juga menjelaskan jika pembangunan PLHUT di Kab.Kolaka merupakan bentuk kesyukuran pemerintah Kab. Kolaka  dalam rangka memberikan  pelayanan publik yang memudahkan para jemaah haji dan umroh dalam kepengurusannya.

"Bentuk kesyukuran Kab.Kolaka, tahun ini Kementerian Agama melaksanakan pembangunan PLHUT di Kab. Kolaka. Semoga dengan pelaksanaan pembangunan tersebut bisa membantu jemaah haji dalam pelayanan dan kepengurusannya beribadah ke tanah suci," jelasnya.
 
Sesuai rencana, pembangunan gedung PLHUT Kementerian Agama akan dilaksanakan di 17 kab/kota se Sultra. Hal ini berdasarkan arahan dari Kementerian Agama RI.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka Abdul Azis Baking melaporkan bahwa Pembiayaan Pembangunan PLHUT ini bersumber dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 208 kali