Jum'at, 30 Oktober 2020

Pengukuhan Pengurus MUI Bombana, Kakanwil Tekankan Pentingnya Sinergitas Ulama dan Umara

  • Rabu, 12 Agustus 2020 22:16 WIB

(Humas Sultra) --- Wakil Ketua MUI Sultra, KH. Djakri Nappu mengukuhkan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kab. Bombana masa Khidmat 2020-2025, di pendopo Rujab Bupati Bombana, Rabu, (12/8).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sultra, Fesal Musaad, bersama Bupati Bombana, H. Tafdil, menyaksikan secara langsung Pengukuhan ini.

Kakanwil mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang dilantik sembari menekankan MUI sebagai organisasi ulama, Waratsatul Anbiya, mempunyai tugas dan peran sangat besar.

Pertama mengawal perjalanan umat Islam. Kedua mengawal negeri ini menuju daerah yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur khususnya di Kab. bombana.

Untuk Mendukung hal tersebut kakanwil mengingatkan kepada segenap pengurus tentang pentingnya koordinasi antara ulama dan umara.

"Yang perlu saya tekankan adalah hubungan ulama dan umara. hubungan ulama dan umara Seperti simbiosis mutualisme. Ulama membutuhkan umara begitupun sebaliknya.
Dengan demikian ulama dan umara harus saling mengisi, dalam membangun Kab.  Bombana menjadi lebih baik," terangnya. 

Ia juga mengingatkan beratnya amanah Ulama ditengah-tengah umat. "Ulama sosok penerang olehnya itu pentingnya mengasah wawasan personal. Ulama itu mempunyai ilmu yang berbeda sebagai sosok juru penerang ditengah masyarakat," ungkapnya. 

Dirinya juga menginginkan program kaderisasi ulama berjalan, karena kita takut kedepan kita kehabisan para ulama," ujarnya. 

Olehnya itu ia berharap MUI bisa muncul dan menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan program keumatan menuju Kab. Bombana yang aman, rukun dan damai dilandasi nilai agama," tandasnya.

Sementara itu Bupati Bombana, H. Tafdil mengatakan pengurus yang baru dilantik agar bisa eksis ditengah problematika keagamaan masyarakat Bombana yang cukup banyak, khususnya meluruskan paham radikalisme yang bisa merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan berbegara.

Disinilah peran MUI dalam meluruskan itu semua dan menjaga umat tetap dalam koridor-koridor yang ada," ungkapnya. 

Dirinya mengaku siap bersinergi dengan MUI, karena MUI adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu pemerintah dalam pelayanan keagamaan.

"Selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan, bekerja dengan baik dan pelayanan keagamaan dapat diwujudkan dengan baik. Saya selaku pemerintah bersama seluruh jajaran siap mendukung dalam mewujudkan kehidupan keagamaan yanglebih baik di Kab. Bombana ini," harapnya. 

Turut hadir dalam pengukuhan ini Sekda Kab. Bombana, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bombana dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Bombana.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 112 kali