Jum'at, 14 Agustus 2020

Kepala MTsN 1 Bombana : Pandemi Covid-19, Tantang Guru Dalam Proses Pembelajaran

  • Kamis, 30 Juli 2020 15:07 WIB
Salah satu kegiatan Proses pembelajran Virtual dengan menggunakan Aplikasi Google Meet

Bombana (Humas-Sultra)--- Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Di Indonesia, sudah beberapa bulan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah secara online.

Ditengah suasa pandemi Covid-19 yang sampai hari ini belum ada tanda-tanda hilangnya dimuka bumi hingga menyebabkan terhentinya semua aktivitas pembelajaran disekolah. Maka dimasa New Normal yang ditepkan oleh pemerintah, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana terus melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan segala fasilitas dimungkinkan bisa  mendukung pembelajara.

Hal ini dilakukan mengingat masih maraknya penyebaran Covit-19, dan mengacu pada surat edaran menteri Agama terkait perintah melaksanaka  pembelajaran dirumah.

Hari ini Rabu (29/07) Kepala MTsN 1 Bombana Drs. Lukman, MM saat dikonfirmasi terkait bagaimana proses pembelajaran mengatakan, Kami Warga MTsN 1 Bombana tetap melaksakan proses pembelajaran walaupun pelaksanaannya masih secara online (Daring). Hal ini kami lakukan seperti anjuran Menteri Agama. Oleh karena itu melalui rapat, kami sudah sepakat melaksanakan proses pembelajaran online dengan menggunakan segala media yang dimungkinkan bisa kita laksanaka, seperti Watshapp, aplikasi Google meet, zoom dal lain sebagainya.

“Kami tetap laksanakan proses pembelajaran secara online sesuai edaran menteri Agama. Oleh karenanya, semua guru mata pelajaran dipersilahkan memberikan materinya dengan menggunakan media social seperti Whatsapp, goole meet, zoom atau media apa saja yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran daring. Saya beri kebebasan pada guru memilih media apa yang dikuasainya yang penting secara online”. Tuturnya.

Lanjut dikatakannya, “Belajar dirumah merupakan tantangan bagi kami untuk terus belajar walau hanya belajar di Rumah. Pandemi Covid-19 menantang semua penggiat pendidikan untuk mencari solusi agar proses pembelajaran terus dilaksanakan, hal ini dilakukan untuk menepis anggapan masyarakat kalau guru tidak berbuat apa-apa. MTsN 1 Bombana terus berbenah untuk membuktikan kalau siswa-siswi yang dititp belajar di MTsN 1 Bombana bersantai dalam melaksanakan proses pembelajaran walaupun seara online”. Ungkap lukman.

Menurut pantauan dilapangan terlihat aktivitas siswa MTsN 1 Bombana belajar daring dengan menggunakan aplikasi goole meet. Kasmin, S.Pd guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) mengatakan, Aplikasi google meet ini sangat bagus digunakan untuk pembelajaran online alasannya keran aplikasi ini ringan, dan masih banyak keunggulan lainnya.

“Aplikasi google Meet sangat cocok sekali untuk membelajaran daring dibandingkan aplikasi google lainnya. Google meet bisa audience sampai 100 orang, meakukan telecomfrence dengan siswa, aplikasinya ringan, tidak terlalau menguras paket data dan banyak keunggulan lainnya. Oleh karena itu sidah beberapa guru di MTsN 1 Bombana menggunakan fasilitas google meet untuk pembelajaran ini” jelasnya. (AA). 

Sumber : Agus Akmal. S.Pd., MM
Penulis : AGUS AKMAL, S.Ag/MTsN 1 Bombana
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 118 kali