Jum'at, 14 Agustus 2020

Kemenag Baubau, Bimbingan Pranikah: Cinta Bukan untuk Main- Main

  • Rabu, 29 Juli 2020 12:59 WIB
Bimwin Pranikah Lingkup Kemenag Baubau Tahun 2020

Baubau (Humas Sultra)--- Sebanyak Dua Puluh lima pasang Calon Pengantin (Catin) yang telah mendaftarkan diri di Kantor Urusan Agama Kecamatan se- Kota Baubau ikut Bimbingan Perkawinan (Bimwin) yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, 28 Juli 2020.

Kepala Kantor (Ka Kan) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali dalam penjelasannya menyatakan kebijakan Kementerian Agama dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan.

Menurutnya, Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan diatur dalam Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 379 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi Calon Pengantin,
dengan tujuannya agar menekan tingkat perceraian sejak dini.

Hal ini, lanjut Rahman Ngkaali, sebagai ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi.

Sehingga diharapkan bagi Catin bisa membangun keluarga yang memiliki pondasi yang kokoh, agar pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola rumah tangga dapat menjadi tahu, sehingga tidak kandas ditengah jalan atau mengalami perceraian, papar Ka KanKemenag Baubau.

Selain itu, melalui Bimwin ini, pesan kami di Kemenag Baubau, kata H. Rahman Ngkaali didepan 50 Orang peserta pranikah, Cinta bukan untuk mainan.

Begitulah Cinta dalam pernikahan bukan untuk main-main, rumah tangga bukan main-main, katanya.

Karena pernikahan didasari atas perintah Allah, swt (QS Ar-rum:21) dan sunnah rasulullah sebagaimana dilakukan atas dasar keikhlasan dan kemauan sendiri, tanpa paksaan atas pilihan kecantikan/ kegantengan, karena harta, karena keturunannya dan Agamanya, yang diutamakan adalah agama untuk membina masa depan rumah tangga yang panjang (seumur hidup), terangnya.

Semoga peserta dapat mengamalkan ilmu yang didapat dari Bimbingan pernikahan pranikah ini, tutup H. Rahman Ngkaali.

Pantuan kami, kegiatan berlangsung di Masjid Jamiatul Mukhlisin Kantor Kemenag Baubau dihadiri narasumber Kepala Kantor Kemenag Baubau, Kasubbag TU Kemenag Baubau H. Rustam, S.Ag., MM, Khaeriyati Rahmah, S.H.I., M.HI, Dr. Halking, S.Ag.,M.Fil.I, Jamal, S.Ag, H. Sanudin, S.Ag.,MA, dan Muhammad Hamdani, S.HI serta pihak tenaga medis (Dr. Hasrida Hamid).

Sumber : Humas Kemenag Baubau
Penulis : Yumardin Kedang, S.Sos.I/Kementerian Agama Kota Ba
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 46 kali