Jum'at, 30 Oktober 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Ajak Mahasiswa jadi Generasi yang Moderat

  • Senin, 27 Juli 2020 14:16 WIB

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad mengajak mahasiswa untuk menjadi generasi muda yang moderat. 

Hal tersebut disampaikan Kakanwil ketika menjadi narasumber pada Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Menangkal Radikalisme pada Kalangan Mahasiswa di Tengah Pandemi, di Aula Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo Kendari. Senin (27/7). 

Menjadi generasi muda yang moderat dianggap sangat penting karena kalangan muda sangat rentan menjadi sasaran utama radikalisme dan intoleransi  karena pemahaman yang tidak utuh, ekspresi pengangguran dan ekonomi maupun ekspresi ketidakadilan yang menyasar kalangan mahasiswa.

"Untuk mencegah hal tersebut, perlu metode hard aproach dengan penegakan hukum yang dilakukan aparat negara serta soft aproach atau deradikalisasi yang dapat dilakukan baik tokoh agama, masyarakat maupun mahasiswa melalui pendidikan agama, moderasi beragama,  dialog serta kegiatan keagamaan lainnya yang mengajak kedamaian. 

Makanya anak muda perlu menjadi benteng kerukunan, bangsa perlu pemuda yang tangguh, memiliki jiwa kepemimpinan untuk meneruskan cita2 bangsa, jelas Fesal. 

Mantan Kakanwil Kemenag Maluku ini melanjutkan, Pada dasarnya semua agama mengajarkan nilai kedamaian, memanusiakan manusia, namun moderasi beragama bisa terus digalakkan di semua lini kehidupan tak terkecuali kalangan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. 

"Kedamaian tidak akan terwujud jika masyarakat masih hidup dalam kekacauan dan perselisihan, 
Olehnya itu Mahasiswa UHO perlu mengajak orang menjadi moderat agar bisa meminimalisir dan memberantas mata rantai radikalisme, " Pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 244 kali