Jum'at, 03 Juli 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Lantik Pembimbing Masyarakat Hindu

  • Senin, 29 Juni 2020 09:18 WIB

Kendari, (Humas Sultra)--- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Prov. Sultra Fesal Musaad, hari ini, Senin (29/6) melantik dan mengambil sumpah jabatan, I Komang Sukeyasa dari Kepala Seksi Bimas Hindu Kemenag Kab. Konsel, sebagai Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Hindu Kanwil Kemenag Sultra, di Aula Kanwil Kemenag Sultra.

Dikesempatan tersebut, Kakanwil kembali mengingatkan jika pejabat adalah pelayan masyarakat, sehingga perlu berpikir bagaimana mendekatkan diri dengan umat, terutama umat hindu.

"Selain itu, perlu menjaga kompetensi jabatan, terutama integritas. Mampu memberikan teladan bagi masyarakat dimanapun berada," ungkapnya.

Kakanwil menambahkan, kompetensi lain yang perlu dijaga dan dibangun adalah kerjasama. Senantiasa membangun koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang lainnya.

"Kita harus memberikan bobot kepada institusi, sehingga kerjasama itu penting, baik yang sifatnya internal maupun eksternal. Jangan sampai ada keluhan dari umat," imbuh Kakanwil.

Kakanwil juga menegaskan, agar Pembimas Hindu yang baru dilantik bisa membangun koordinasi dengan pusat agar bisa melayani umat dengan baik.

"Jangan sampai terjadi, di derah kab/kota di Sultra, tidak adanya penyuluh Hindu ataupun pura, padahal didaerah itu ada umat Hindu. Ini merupakan tugas bagi Pembimas Hindu untuk kemudian mendata kembali umatnya, penyuluh dan rumah ibadah agama Hindu, untuk dikoordinasikan kepusat dalam rangka percepatan pembangunan keagamaan dan umat," urainya.

Kakanwil menyebut, jika pelayanan publik harus dikedepankan dengan kriteria yang sederhana, yakni cepat, tepat, murah, akuntabel dan tidak berbelit-belit. Komunikasi dengan umat harus terjaga dan tampil bersahaja. 

Kakanwil juga mengajak seluruh yang hadir agar senantiasa menjunjung tinggi segmen perekat bangsa dan cinta tanah air. Termasuk pemberdayaan diri sendiri dan orang lain, untuk Kemenag yang lebih baik dari hari ini, agar kinerja Kemenag semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Mutasi dan promosi adalah hal yang biasa terjadi dalam birokrasi, untuk menyegarkan birokrasi menjadi fleksibel. Jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada tuhan dan negara," pungkas Fesal.

Pelantikan ini dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas dan dengan memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Pelantikan diakhiri dengan penyerahan berita acara dan SK pelantikan, serta foto bersama.

Pembimbing Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag Sultra yang baru I Komang Sukeyasa mengisi kokosongan jabatan Pembimas Hindu menggantikan Ngakan Made Sudiana yang saat ini menjabat sebagai Pembimas Hindu pada Kanwil Kemenag Jawa Barat. 

Sumber : Nani
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 300 kali