Jum'at, 03 Juli 2020

Kemenag Kolaka Gelar Simulasi Dan Bimtek Penilaian Guru Pemula Madrasah

  • Kamis, 25 Juni 2020 16:14 WIB
Ka. Kemenag Kolaka memberikan arahan sebelum simulasi dan bimtek dimulai

Kolaka (Humas Sultra) --- Kamis, 25/06/2020, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka menggelar Simulasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Guru Pemula Madrasah Tingkat Kab. Kolaka dengan menghadirkan pemateri Kepala Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Sultra, H. Aidin D. di Aula Kantor Kemenag Kab. Kolaka.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka. H. Abdul Aziz Baking, turut hadir memberikan arahan sebelum kegiatan simulasi dan bimtek dimulai. 

Tak lain dan tak bukan, kegiatan ini sebagai bentuk Apresiasi mewujudkan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dan memiliki kompetensi yang dapat bersaing memajukan pendidikan.

"Menyesuaikan diri sebagai tenaga pendidik baru pasti memiliki tantangan tersendiri dan dituntut untuk meningkatkan potensi dan kompetensi diri sebagai tenaga pendidik pemula sehingga dapat bersaing dan menjadi panutan," lanjut Aziz Baking yang juga mengawali karirnya sebagai guru madrasah.

Sebagai harapan, tentunya Kepala Kemenag Kab. Kolaka sangat menginginkan Kepala Madrasah yang turut hadir memberikan bimbingan kepada guru pemula yang ada di Unit dan Satuan Kerja masing-masing.

"Kamad sebagai motivator leader di madrasah harus mampu memberikan bimbingan kepada guru pemula, dan sebagai  guru baru mau membuka diri untuk menerima untuk meningkatkan kompetensi menuju rolemode tenaga pendidik dengan hasil akhir peningkatan kualitas hasil belajar peserta didik," harapnya mengakhiri.
 
Menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Kolaka, Dr. Ahmad Tanaka, tujuan kegiatan diantaranya, Membantu guru pemula agar memiliki kompetensi agama Islam sebagai guru madrasah yaitu : baca dan menulis al-Qur'an, ibadah harian, memahami dasar-dasar moderasi beragama;
Membimbing guru pemula agar beradaptasi dengan iklim kerja dan nilai budaya kerja kemenag; Membantu guru pemula mampu melaksanakan tugasnya sebagai guru profesional di madrasah serta Membantu guru pemula dalam memperkuat kompetensi Sesuai 4 standar kompetensi guru (Pedagogik, Profesional, Kepribadian, Sosial)

"Kegiatan simulasi dan bimtek ini merupakan tindaklanjut Keputusan Direktur Jenderal Pendidika Islam Nomor 5792/2019 tentang Petunjuk Teknis Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) yang berorientasi kegiatan pembelajaran," ungkap Ahmad Tanaka.

Peserta kegiatan terdiri dari 2 Pengawas Madrasah, 6 Kepala Madrasah Negeri beserta 2 Perwakilan Guru Pemula PNS pada masing-masing madrasah negeri.

Sumber : Humas Kemenag Kolaka
Penulis : Adil, S.Kom/Kementerian Agama Kab. Kolaka
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 121 kali