Jum'at, 14 Agustus 2020

PPDB Online MTsN 1 Baubau Bebas Wabah Corona

  • Senin, 15 Juni 2020 10:10 WIB

Baubau,(Humas Sultra) --- Untuk mencegah berkumpulnya peserta didik dan orangtua  secara fisik di sekolah/madrasah, pemerintah mengimbau kepada seluruh tingkatan sekolah SD, SLTP/MTs, SLTA/MA , dalam hubungannya dengan masa Pandemi Covid-19 maka untuk pelaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) menyiapkan mekanisme secara online.

Kebijakan pemerintah untuk menciptakan PPDB yang aman ini memang perlu diapresiasi  dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau untuk dapat  meminimalkan penyebaran corona.

Langkah antisipasi tersebut disampaikan dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19.

Karena memang secara logis pihak sekolah sebagai penyelenggara PPDB pasti juga akan kesulitan mengetahui agen-agen pembawa virus dari kalangan pendaftar. Oleh karenanya sangat baik jika tidak diadakan pengumpulan siswa dan orang tua secara fisik di sekolah saat proses pendaftaran.

Menurut Pasal 23 Ayat 1 Permendikbud RI Nomor 44 Tahun 2019 pendaftaran PPDB dengan menggunakan mekanisme dalam jaringan (daring) dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan ke laman (link) pendaftaran PPDB yang telah ditentukan.

Kepala  MTs Negeri 1 Baubau, La Marihi telah mengeluarkan beberapa kebijakan dengan panitia sehubungan dengan PPDB online antara lain;

Pertama, Kepala Madrasah  dalam menyelenggarakan PPDB tahun pelajaran 2020/2021 telah menyusun petunjuk teknis tentang pendaftaran PPDB online. Petunjuk teknis tersebut  dapat berisi alamat website yang harus diakses calon peserta didik baru, dengan cara memasukkan data-data pendaftar serta cara pengunggahan dokumen kelengkapan pendaftaran;

Kedua, Kepala Madrasah telah membentuk tim panitia PPBD online yang bekerja secara online. Tugas tim antara lain, melakukan sosialisasi, melayani para pendaftar, melakukan seleksi. Selama proses pendaftaran panitia bersangkutan memandu kesulitan dalam melakukan teknis pelaksanaan pendaftaran online yang dialami oleh pendaftar melalui  contac person (HP/WA) panitia. Dengan kata lain,  tim harus siap memandu para pendaftar dalam melaksanakan teknis pendaftaran.

Ketiga,  MTs Negeri 1 Baubau telah mengadakan sosialisasi pelaksanaan PPDB online baik offline seperti  memasang spanduk dan brosur di SD/MI serta online melalui WhatsAap, FB, dan instagram pada SD/MI pendukung sekaligus media dapat diakses masyarakat dengan link yang telah di buat.

Selain itu masih banyak cara lain yang lebih efektif yang dapat dilakukan madrasah dalam melaksanakan PPDB yang aman. Semua tergantung pada sarana dan juga sumber daya manusia yang dimiliki oleh madrasah selaku penyelenggara PPDB online.

MTs Negeri 1 Baubau pada PPDB tahun pelajaran 2020/2021  dibuka mulai tanggal 05 Mei s.d. 13 Juni  2020. Pada tanggal 13 Juni tersebut PPDB langsung di nyatakan ditutup sesuai hasil rapat  Dewan Guru dan staf  MTsN 1 Bauahu bersama tim panitia PPDB dengan jumlah peserta didik yang di terima sebanyak 192 peserta didik untuk 6 (enam) rombongan belajar (rombel) dan setiap rombel berjumlah 32  peserta didik sesuai regulasi yang ada (simpatika) pada madrasah.

"Kami berharap, dengan pelaksanaan PPDB secara daring ini akan mampu mengantisipasi penyebaran corona di madrasah. Dan Alhamndulillah sejak pembukaan PPBD sampai dengan ditutupnya tidak ada masalah yang di hadapi sehubungan dengan maraknya Pandemi Covid-19," pungkas La Marihi.

Sumber : -
Penulis : Dra. Munaya/MTsN 1 Bau-Bau
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 384 kali