Jum'at, 14 Agustus 2020

Pengumuman Kelulusan Siswa MTs Negeri 1 Baubau Dilakukan Secara Online

  • Jum'at, 05 Juni 2020 16:44 WIB

Baubau, (Humas Sultra) - - -  Kelulusan MTs N 1 Baubau tahun ajaran 2019/2020  diumumkan hari ini.   pengumuman akan dilakukan secara online . Hal ini untuk menghindari penyebaran covid-19. Selain itu sebagai bentuk penerapan physical distancing atau jaga jarak untuk menghentikan mata rantai penyebaran Corona.

Hal tersebut disampaikan Kepala MTs Negeri 1 Baubau, La Marihi., melalui gurp WhatsApp kepada guru dan pegawai.  “Berdasarkan Peraturan Sekjen Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020 pengumuman kelulusan tahun ini akan dilakukan secara online. Selain itu mengingat pandemi Covid-19 belum mereda sehingga kita perlu menghindari adanya kerumunan maka kita akan konsisten menerapkan physical distancing atau jaga jarak untuk menghentikan mata rantai penyebaran Corona," lanjut (05/06/2020).

Namun sebelum pengumuman di gelar ,Kepala MTs Negeri 1 Baubau terlebih dahulu menyampaikan beberapa sambutannya pada pengumuman/penamatan siswa(i) kelas 9 TP.2019/2020 melalui online  pada WhatsApp Grup kelas ujian. 
"Assalamu alaikum Wr.Wb.
Kami atas nama pribadi dan Keluarga Besar MTs Negeri 1 Baubau mengajak kita semua untuk memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Swt. karena atas karunia dan hidayah-Nya sehingga pada hari ini Pengumuman Pelulusan/Penamatan Siswa Kelas IX TP. 2019/2020 dapat dilaksanakan sebagaimana adanya di tengah penanganan penyebaran wabab Virus Corona/Covid- 19. Salam dan salawat semoga tecurah dan kita kirimkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Ungkapnya melalui whatsapp.

Melalui kesempatan ini, lanjutnya, di tengah keprihatinan dan rasa haru kita semua karena wabah Covid-19, izinkan kami memberikan sambutan sepatah kata melalui Whatsaap tentang Pengumuman Pelulusan/Penamatan sekaligus Pelepasan Kelas IX pada tahun ini.

Pertama, kami menyadari bahwa karena situasi dan kondisi yang memaksa akibat upaya penanganan penyebaran Virus Corona/Covid-19 sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maka pengumuman pelulusan/penamatan siswa tahun ini dilakukan secara online melalui Whatsaap Grup Ujian Madrasah yang sebagian
besar anggotanya siswa kelas IX. Demikian halnya, pelepasan bebeda dengan tahun-tahun sebelumnya tidak bisa dilakukan sebagaimana biasa karena berkumpul identik dengan kerumunan sebagai transmisi penyebatan wabah Covid 19;

Kedua, bahwa sejalan dengan regulasi pendidikan yang berlaku, khususnya kriteria pelulusan maka siswa bersangkutan harus memiliki rapor semester 1 - 5, mengikuti ujian madrsah, serta nilai semester 6 plus portofolio penugasan sebagai penggati UN yg batal dilaksanakan, dan akhlak mulia  maka siswa kelas IX sebagai peserta Ujian TP. 2019/2020 melalui rapat dewan guru tanggal 30 Mei 2020 dengan Surat Keputusan Kepala MTs Negeri 1 Baubau Nomor 32 Tahun 2020  sejumlah 208 orang peserta ujian seluruhnya dinyatakan Lulus 100 %. 

Ketiga,  bahwa kebahagiaan yang dirasakan Bapak/Ibu orang tua siswa termasuk anak-anaknya meskipun kita tidak bertatap muka secara langsung melalui kesempatan ini kami mencapkan SELAMAT atas tamat dan lulusnya putri putri  terbaiknya semoga ilmu pendidikan yang diperoleh di MTs Negeri 1 Baubau menjadi bekal dan Ijazah yang dimiliki merupakan "tinta emas" untuk melangkah ke jenjang SMA/MA/SMK/sederajat guna meraih harapan yang gemilang di masa datang. 

Keempat, bahwa bapak/ibu orang tua siswa kelas IX ini telah memmberikan amanah  kepada kami MTs Negeri 1 Baubau sebagai pilihan pertama untuk menempuh pendidikan SMP yg berciri khas agama Islam. Selama kurang lebih 3 tahun lamanya, hari ini kami KEMBALIKAN kepada bapak/ibu sekaligus kami an. mewakili guru dan staf MTs Negeri 1 Baubau mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga atas kepercayaan tersebut sekaligus permohonan maaf yang setinggi-tingginya jika ada hal-hal yang tidak berkenan selama pelayanan kami dalam menempuh pendidikan di madrasah ini. Ucapan yang sama kepada siswa kelas IX  yang hari ini merayakan kebahagiaan karena telah menamatkan pendiidikannya.

Terakhir, kepada seluruh siswa yang dinyatakan lulus, dimohon kiranya JANGAN merayakan kebahagiaan dengan berkerumun, corat coret baju, dan sejenisnya  sehingga mengganggu ketenteraman. Untuk itu, sejak hari ini saudara (i) sudah tercatat sebagai ALUMNI MTs Negeri 1 Baubau maka jagalah Alumni dan Almamater madrasah kita.

Demikian sambutan kami sampaikan, hal-hal lain berkaitan dengan pengurusan administrasi penamatan,  pengambilan dan pengesahan surat keterangan lulus (SKL) dapat dillakukan di Kampus MTs Negeri 1 Baubau dengan memperhatikan Protokol Cofid 19. Demikian halnya, Penyerahan SKHUAMBN dan Ijazah/STTB akan disampaikan kemudian melalui grup Whatsaap Alumni TP. 2019/2020. Tutupnya. 

Setelah Kepala MTs Negeri 1 Baubau menyampaikan sambutannya selanjutnya Waka Kurikulum (Tamrin) mengambil alih untuk melanjutkan pengiriman pengumuman pelulusan  kepada Wa grup kelas ujian tahun pelajaran 2019/2020.

Tahun ini MTs Negeri 1 Baubau menamatkan  peserta didik kelas IX berjumlah 208, terdaftar 208 orang, lulus 208 orang yang terdiri dari 104 putra dan 104 putri, dan harapannya semoga 208 pserta didik yanh telah lulus ini dapat menjadi amanah untuk menjaga nama baik Madrasah kedepannya.

Sumber : -
Penulis : Dra. Munaya/MTsN 1 Bau-Bau
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 473 kali