Rabu, 27 Mei 2020

Seiring Pandemi Covid-19, UPZ Kemenag Muna Distribusikan Zakat Fitrah

  • Rabu, 20 Mei 2020 16:01 WIB
Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, Menyerahkan Zakat Fitrah Kepada Salah Seorang Mustahiq, Rabu, 20 Mei 2020, di Aula Kantor Kemenag M

Raha (Humas Sultra) --- Usai mengumpulkan Zakat dan menentukan orang yang berhak menerima Zakat (Mustahiq), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab.) Muna hari Rabu (20/5), melaksanakan pendistribusian /penyaluran Zakat Fitrah di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Pendistribusian, diawali dengan  penyerahan Zakat Fitrah oleh Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, kepada beberapa orang Mustahiq, namun sebelum pendistribusian/penyaluran Zakat, didahului dengan sambutan dan arahan Kepala Kemenag Muna.

Dalam sambutan dan arahannya H. Muhammad Basri mengatakan bahwa, UPZ Kemenag Muna adalah merupakan wadah penyaluran Zakat bagi ASN/PNS Kantor Kemenag Kab. Muna, namun demikian tidak terbatas pada ASN Kemenag, tetapi juga termasuk keluarga dan kerabatnya.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena tahun ini ada peningkatan orang yang berzakat (Muzakki) pada UPZ Kantor Kemenag Kab. Muna dibanding tahun lalu. Ini berkat kerja keras Panitia UPZ yang dibentuk berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Kemenag Kab. Muna, Nomor : 69 Tahun 2020, Tentang Panitia Pengumpul Zakat Fitrah ASN/PNS Lingkup Kantor Kemenag Kab. Muna Tahun 1441 H/2020 M," tuturnya.

"Saya mengapresiasi panitia UPZ, yang telah bekerja dengan baik, mulai dari tahap sosialisasi, tahap pengumpulannya, terlebih lagi tahap pendistribusiannya yang sebentar lagi kita laksanakan," ujarnya.

"Untuk kedepannya, Tentang Penetapan Zakat ini, kami akan mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, agar ditetapkankan melalui Peraturan Daerah (Perda), untuk mengikutsertakan Infaq didalamnya," ungkapnya.

"Kemudian saya menyampaikan kepada para Mustahiq, agar Zakat Fitrah ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok, khususnya dimasa Pandemi Covid-19 ini, apalagi menghadapi Hari Raya Idul Fitri, 1441 H, tentu banyak kebutuhan-kebutuhan atau keperluan-keperluan kita," sambungnya.

"Saya juga menambahkan bahwa, Zakat Fitrah ini janganlah dilihat dari segi jumlahnya, tetapi lihatlah dari nilai keikhlasannya, bahwa kami dari UPZ Kemenag Muna peduli dengan saudara-saudara kita yang se Agama dan se Iman, untuk senantiasa berbagi,"
pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), para Amil, Panitia UPZ, para Muzakki dan para Mustahiq.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 116 kali