Rabu, 27 Mei 2020

Masa Pandemi Covid-19, UPZ Kemenag Muna Lakukan Rapat Penentuan Mustahiq

  • Rabu, 20 Mei 2020 09:23 WIB
Rapat Penentuan Mustahiq UPZ Kemenag Muna, Dipimpin Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, Rabu, 20 Mei 2020

Raha (Humas Sultra) --- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, yang dibentuk berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Kemenag Muna Nomor : 69 Tahun 2020,  Tentang Panitia Pengumpul Zakat Fitrah ASN/PNS Lingkup Kantor Kemenag Kab. Muna Tahun 1441 H/2020 M, hari Selasa (19/5) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor), sehubungan dengan Penentuan Mustahiq ( orang yang berhak menerima Zakat).

Rakor yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, dipimpin Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, diikuti Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Kepala Seksi/Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Kepala Madrasah/RA, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan (KUA Kec), Penyuluh Agama Islam, Guru Madrasah/RA dan Panitia UPZ.

Dalam arahannya, H. Muhammad Basri,  memberikan apresiasi kepada Panitia UPZ, yang telah melaksanakan tugasnya, termasuk koordinasinya dengan teman-teman para Kepala Madrasah/RA, Kepala KUA, dan seluruh teman-teman ASN, karena hanya  dalam jangka waktu kurang lebih sepekan Zakat telah terkumpul.

" Terlepas dari tanggung jawab, mereka juga bekerja dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas, serta inovatif," ujarnya.

" Oleh sebab itu, saya berharap kepada Panitia UPZ, agar dalam menentukan Mustahiq, supaya betul-betul proporsional, merata dan tepat sasaran, sesuai ketentuan Syariat Islam," tuturnya.

" Adapun daftar Mustahiq sudah ada pada panitia dan sudah dilakukan verifikasi tentang kelayakannya, apakah dia layak menerima Zakat atau tidak," lanjutnya.

" Zakat Fitrah ini lebih dikhususkan  kepada fakir miskin, dan saya juga berharap agar penyaluran/pendistribusian Zakat Fitrah ini dilaksanakan sebelum Idul Fitri agar Mustahiq dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhannya, khususnya dimasa pandemi Covid -19," sambungnya.

" Oleh sebab itu, dalam pendistribusiannya nanti, saya minta kepada Panitia, agar bekerja maksimal, dan selalu memperhatikan protokol kesehatan," tandasnya.

" Adapun rencana pendistribusian/penyaluran Zakat Fitrah ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Mei 2020," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 92 kali