Jum'at, 30 Oktober 2020

Kepala Kemenag Muna, Lantik CPNS Di Tengah Pandemi COVID-19

  • Rabu, 22 April 2020 19:44 WIB
Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, Lantik CPNS Menjadi PNS Lingkup Kemenag Muna, Rabu 22 April 2020

Raha (Humas Sultra) --- Ditengah Pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, Drs. H. Muhammad Basri, M.Pd, hari Rabu (22/4) Melantik/ Mengukuhkan dan Mengambil Sumpah/Janji dua (2) orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor Kemenag Kab. Muna

Pelantikan yang dilaksanakan di Ruang Kerja Kepala Kemenag Muna, dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, La Ode Abdul Syukur, S.Ag, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, La Ode Irhan Wuga, S.Ag, M.H, dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Drs. Hasan Singku, M.Si, selaku Saksi, Rohaniawan, Hairun, S.Sos, Pembaca Do'a, Alam Jaya, ditambah dengan Analis Kepegawaian, Markun, S.Pd I dan 2 orang JFU pada urusan Kepegawaian, selaku Protokol dan Pembaca Surat-surat Keputusan, Dra. Wa Ode Ilma, dan Imran, S. Pd I

Dua orang CPNS yang dilantik adalah, Sukardi, S.Pd, Guru bidang studi Pendidikan Sejarah dan Irma Mustika Sari, S. Pd, Guru bidang studi Pendidikan Fisika, pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Muna Kab. Muna Provinsi (Prov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelantikan hari ini terbilang unik, karena dari 2 orang CPNS yang dilantik, satu orang dilantik melalui Media Online Video Call (VC), berhubung tidak berada ditempat, disebabkan masih berada di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Kendari, karena Pandemi Covid-19, sehingga tidak dapat menghadiri langsung Pelantikan hari ini.

Usai melantik/mengukukuhkan dan mengambil sumpah/janji CPNS, H. Muhammad Basri dalam arahannya mengatakan bahwa, pertama saya mengucapkan selamat kepada yang dilantik hari ini, sudah resmi menjadi PNS, selamat bergabung bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kemenag Kab. Muna.

"Kita sebagai ASN, itu ada aturan main didalam berkarya, didalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara serta Agama. Oleh sebab itu dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan ini sebagai PNS, saya pesankan bahwa, Lima (5) Nilai Budaya Kerja Kemenag, tolong diresapi, dihayati dengan baik, dan tolong diaplikasikan didalam mengemban tugas yang diamanahkan," ujarnya.

"Ada yang namanya Integritas, yaitu menjaga kesatuan hati, pikiran, ucapan dan perbuatan, sebagaimana yang diucapkan dalam sumpah/Janji tadi. Kemudian didalam melaksanakan tugas, kita harus Profesional. Kita punya 4 Prinsip dalam bekerja, seperti yang diistilahkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Sandiaga Uno dengan 4 K (Kerja), yakni Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas," ujarnya.

"Selanjutnya, walaupun kita bekerja secara  Profesional, tetapi kalau tidak ada Inovasi, maka pekerjaan kita itu monoton, itu-itu saja. Oleh karena itu berinovasilah. Berinovasi, bukan menciptakan sesuatu yang baru, tetapi kita merubah dari sesuatu yang sudah ada, dan kita perbaharui, supaya menjadi lebih kreatif," lanjutnya.

Mengenai Tanggung Jawab, H. Muhammad Basri mengatakan bahwa, jadilah orang yang selalu bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan. Kerjakanlah dengan sebaik-baiknya pekerjaan yang dibebankan kepada kita dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Dan yang paling penting dan berat dari 5 Budaya Kerja ini adalah Keteladanan. Sebagai ASN Kemenag kita harus menjadi teladan, teladan bagi diri sendiri, bagi keluarga, bagi tetangga, dan bagi komunitas kita," sambungnya.

Menyoal tentang  COVID-19, yang penyebarannya kian meningkat, H. Muh. Basri mengatakan bahwa marilah kita selalu waspada dan menjaga diri, mari kita ikuti arahan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah, sampaikan kepada masyarakat kita untuk senantiasa berperilaku hidup sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, hindari kerumunan dan jaga jarak dalam berinteraksi, serta dirumah saja, jangan keluar rumah, kecuali ada keperluan dan kepentingan yang mendesak. Bagi ASN, mari kita bekerja dari rumah, beribadah dirumah, berdo'a dari rumah.

"Jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar kita diberikan kesehatan, keselamatan dan petunjuk dalam melaksanakan pekerjaan sebagai ASN Kemenag," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 534 kali