Jum'at, 18 September 2020

Akad Nikah (Ijab Qabul) Jalan, Walimatul Ursy Ditunda

  • Rabu, 25 Maret 2020 18:24 WIB
Ilustrasi

Baubau (Humas Sultra)--- Rapat bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau dan Pihak Polres Baubau, menyikapi penyebaran covid-19 terutama pada kegiatan berkumpul, baik pada saat akad nikah, resepsi pernikahan, peringatan Isra Mi'raj, Shalat berjamaah di Masjid dan bahkan pada saat penyelenggaraan jenazah pengidap covid-19, menyepakati beberapa hal, kata "H. Rahman Ngkaali.

Berikut, penyampaian Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau (H. Rahman Ngkaali, S.Ag., MPd), usai pertemuan dengan Kasat Intelkam Polres Baubau (Urva Lomansyah, SSI, SIK), di Rumah Jabatan Ka Kan Kemenag Baubau, Rabu, 25 Maret 2020.

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh. 

Alhamdulillah, Saya baru saja selesai pertemuan dengan pihak Polres Baubau menyikapi penyebaran covid-19 terutama pada kegiatan berkumpul, baik pada saat akad nikah, resepsi pernikahan, peringatan Isra Mi'raj, Shalat berjamaah di Masjid dan bahkan pada saat penyelenggaraan jenazah pengidap covid-19. 

Ada beberapa hal yang kita sepakati, yang perlu menjadi perhatian Kepala KUA dan para Penghulu Se- Kota Baubau, yaitu:

1. Akad nikah (ijab qobul) dan penyelenggaraan jenazah pengidap covid-19 dan shalat berjamaah di Masjid tetap jalan, namun tetap mempedomani protokol yang dikeluarkan oleh Dirjen Bimas Islam, fatwa MUI dan Tausiyah MUI., Sedangkan Walimatul Ursy atau yang lazim dikenal sebagai pesta pernikahan (perjamuan/resepsi) ditunda sampai ditiadakan pelarangan.

2. Khusus Resepsi/ Perjamuan Pernikahan oleh Polres Baubau melakukan pelarangan secara mutlak, sebagaimana protokol yang di keluarkan oleh Kapolri. Karenanya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau menghimbau apabila ada calon pengantin yang menginformasikan kehendak nikahnya agar menunda acara resepsi pernikahannya, karena akan ada tindakan preventif yang akan dilakukan oleh Kepolisian untuk membubarkan acara resepsi tersebut.

Demikian, untuk dimaklumi dan di jalankan bersama, kiranya dapat menjadi perhatian kita semua' ajak, Kepala Kantor Kemenag Baubau.

Sumber : Humas Kemenag Baubau
Penulis : Yumardin Kedang, S.Sos.I/Kementerian Agama Kota Ba
Editor : Syech
Dibaca : 334 kali