Jum'at, 14 Agustus 2020

Guru dan KKM Diminta Terus Kembangkan Keprofesian

  • Jum'at, 20 Maret 2020 07:32 WIB
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra Fesal Musaad, S.Pd., M. Pd. membuka sekaligus membawakan materi Kegiatan Wo

Batauga (Inmas Sultra)--- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra Fesal Musaad, S.Pd., M. Pd. membuka sekaligus membawakan materi Kegiatan Workshop Pengembangan Profesionalisme Guru lingkup Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Buton Selatan beserta Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Kegiatan ini dipusatkan di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Batauga yang dikuti oleh semua guru lingkup KKM MTs Negeri 4 buton Selatan. Kamis (19/03/2020).

Pada pesempatan itu Kakanwil didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Buton Selatan Drs. H. La Rija, M.Pd.I dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Mansur S.Pd., M.A serta Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi Rahmad S.Pd., M.Pd yang bertindak sebagai moderator

Kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2005 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi pendidikan. Guru dituntut selalu mengembangkan kompetensi profesional karena sebagai pengajar, guru harus memiliki persyaratan dasar atau keterampilan teknis yang berhubungan dengan kemampuan atau kecakapan dalam mengelola proses belajar mengajar. Sehingga peserta didik akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengamalan belajar yang efektif.

Berdasarkan hasil laporan panitia La ode Irman Silea, Kegiatan Workshop Pengembangan Profesionalisme Guru berlangsung sehari dengan mengusung tema "Membangun Profesionalisme dan Karakter Pendidik Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”.

Dalam sambutanya Fesal Musaad menjelasakn bahwa profesionalisme merupakan amanat undang-undang, dimanapun tempat bertugasnya, guru dituntut untuk Profesional dan mengembakan keprofesiannya karena guru dinilai sebagai eksekutor dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kita tahu ilmu pengetahuan selalu berkembang, teknologi berkembang, regulasi berkembang, kurikulum juga berkembang, kalau guru tidak tidak mau mengembangkan keahlian, keterampilan, pengetahuan, dan wawasannya, pasti akan ketinggalan. Maka diperlukan komitmen guru untuk selalu meningkatkan kompetensi keprofesiannya," ucapnya.

Selain itu Fesal Musaad juga menegaskan bahwa para Guru sebagai sosok teladan bagi peserta didik, maka guru dituntun menjunjung tinggi Norma, etika dan Moral karena itu menjadi bagian dari segmen profesionalis.

Sumber : -
Penulis : Abdusshidiq Fahimuddin / Kemenag Busel
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 95 kali