Jum'at, 30 Oktober 2020

Hadir Di Buton Kakanwil Kemenag Sultra Dorong Filosofi Kearifan Lokal

  • Kamis, 19 Maret 2020 07:49 WIB

Pasarwajo (Inmas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad, melakukan kunjungan kerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton. Rombongan Kakanwil tiba di tempat pukul 10.14 disambut dengan tari mangaru yang merupakan tarian ciri khas ciacia Pasarwajo Kabupaten Buton, 18/3/2020.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan Fesal mendorong Kemenag dan satker sesultra untuk mengangkat filosofi kearifan lokal dalam setiap moment di wilayahnya masing-masing. Untuk itu pada moment ini sangat tepat dan bersentuhan dengan kearifan lokal dan filosofi budaya masyarakat Buton yakni tari mangaru dan beberapa fillosofi dalam acara penyambutan, seperti "poganta ganta isi poganta ganta buku (adil dan merata), tha tumadhe atadhea (tugas berat atau ringan dipikul bersama), pomalo-maloaso pokaliwu-liwuaso (saling menyayangi dan saling merindukan).

Pada kesempatan ini juga ia meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kemenag Buton.

Dalam sambutannya menegaskan dengan diresmikannya PTSP ini maka  pelayanan di Kantor Kementerian agama Kab. Buton menjadi cepat dan harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
"Saya berharap dengan dilauncingnya Pelayanan Terpadu Satu Atap di Kemenag Kab. Buton ini masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat" ujarnya.

Ia juga tegaskan pada kesempatan ini kepada seluruh kemenag di jazirah kepulauan buton untuk membumikan Karakter Unggul Sultra Bermartabat. Meliputi saling menyayangi, saling menolong, saling membantu, saling mengisi, dan saling menghargai.

Hadir bersama rombongan Kanwil di acara ini Kakankemenag Baubau, Kakankemenag Buton Selatan, Kakankemenag Buton Tengah, Kakankemenag Buton Utara.

Sumber : -
Penulis : Alidingi, S.Pd/MAN 1 Buton
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 210 kali