Jum'at, 30 Oktober 2020

30 Siswa-siswi MTsN 1 Muna Dibimbing Tilawah Al Qur'an

  • Kamis, 12 Maret 2020 07:54 WIB
Kegiatan Bimbingan Tilawah Al Qur'an Pada TPQ Nurul Ilmi MTsN 1 Muna, Rabu, 11 Maret 2020 di Ruang Guru MTsN 1 Muna

Raha (Humas Sultra) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Muna, melalui Taman Pengajian Al Qur'an (TPQ) Nurul Ilmi MTsN 1 Muna, Rabu (11/3) melaksanakan Bimbingan Tilawah Al Qur'an terhadap 30 orang siswa-siswi Madrasah, di Ruang Guru MTsN 1 Muna.

Kegiatan ini  melibatkan 2 orang Pembimbing Tilawah, yang merupakan Qori dan Qoriah andalan Kabupaten (Kab) Muna, dari berbagai ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), baik itu Tingkat (Tk) Kabupaten, Tk. Provinsi, maupun Tk Nasional, bahkan Tk. Internasional,  yaitu Hj. Hasbia, S. Pd I, dan Fahturrohim Karimu, S.T.

Ke 30 orang peserta adalah gabungan siswa dari kelas VII dan VIII yang telah dinyatakan layak mengikuti Bimbingan Tilawah Al Qur'an.

Guru Al Qur'an Hadits MTsN 1 Muna, selaku Ketua TPQ Nurul Ilmi MTsN 1 Muna, Dra. Farida Bt Lasanipa, M.Pd, mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah bentuk tindak lanjut dari program madrasah dalam upaya Pemberantasan Buta Baca Tulis Al Qur'an (BTQ).

" Tahap awal telah dilakukan pendataan, dan hasilnya dibagi dalam 2 kelas, yakni kelas Iqra dan kelas Tilawah," ujarnya.

" Harapan kita semua agar melalui kegiatan ini bisa melahirkan Qori dan Qoriah terbaik untuk madrasah dan daerah, bahkan lebih ditekankan lagi, bahwa tidak boleh lagi ada siswa MTsN 1 Muna yang buta baca tulis Al Qur'an," pungkasnya.

Dikonfirmasi melalui telpon selularnya, Kepala MTsN 1 Muna, Muhammad Kadarul, S.Pd, MM, memaparkan bahwa program pembinaan keagamaan merupakan salah satu agenda prioritas yang telah disepakati bersama  dalam rapat dewan guru. 

" Asumsi dasarnya sangat sederhana, bahwa madrasah seyogyanya menjadi tempat penggemblengan moral, akhlak, etika dan budi pekerti bagi peserta didik," ujar Kadarul

" Secara akademis, MTsN 1 Muna sangat terbantu dengan kehadiran Taman Pengajian Al Qur'an (TPQ) Nurul Ilmi artinya, semua program keagamaan madrasah langsung disambut oleh TPQ dan dijadikan sebagai program kerjanya. Apa lagi Ketua TPQ Nurul Ilmi MTsN 1 Muna, Dra. Hj. Faridah Bt. Lasanipa, M.Pd, memiliki background akademik Qur'an Hadits. 
Bak 'Gayung Bersambut', TPQ langsung melakukan desain program dan langkah-langkah agar aktivitas keagamaan tersebut berjalan sesuai rencana. 
Bahkan sejak Januari 2020, TPQ telah melakukan pembinaan Baca Tulis Al Qur'an bagi siswa kelas VII dan VIII," terangnya.

" Dari kegiatan pembinaan tersebut, Alhamdulillah progresnya berjalan baik, apalagi setiap Rabu dan Kamis dilaksanakan pengajian mulai  pukul 14.00 - 16.00 untuk kelas VII,VIII. Sedangkan pengajian untuk hari Jumat pagi dilaksanakan 2 kali dalam sebulan, dan program ini akan berjalan terus hingga pada rencana Khatam Qur'an di bulan Juni," lanjutnya.

Alhamdulillah hari ini, Rabu tanggal 11 Maret 2020, telah dimulai pembinaan Tilawah untuk 30 orang siswa pilihan dari TPQ. Ini semua terjadi sebagai wujud keseriusan madrasah dalam memberantas buta BTQ serta upaya untuk menjaga amanah masyarakat yang telah menitipkan harapan agar anaknya dibina tidak hanya pada kompetensi kognitifnya, tetapi juga moral, etika, akhlak, dan budi pekerti islami mereka," tambahnya.

" Semua itu akan menjadi modal bagi semua peserta didik dalam membentengi diri dalam himpitan era milenia," pungkasnya.

Sumber : Kadarul
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 455 kali