Jum'at, 14 Agustus 2020

Kabag TU Kemenag Sultra Harap penyelenggaraan ibadah haji 2020 lebih baik

  • Senin, 09 Maret 2020 20:26 WIB

Kendari, (Humas Sultra) --- Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Rakor Persiapan Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah haji (BIPIH) bertempat di aula Kanwil, senin, (9/3).

Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se Sultra, Kasi PHU se Sultra dan operator Siskohat. 

Mewakili Kakanwil Kemenag Sultra, Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. Joko, M. Pd mengungkapkan menghadapi penyelenggaraan ibadah haji 2020 perlu kesiapan dan sinergitas bersama dari semua unsur dalam menyukseskannya.

Dikatakannya, beberapa inovasi dilakukan Kemenag dalam mempermudah pelayanan terhadap jemaah haji. inovasi itu salah satunya pengurusan visa sudah dilakukan di Kanwil, begitupun biomerik yang sudah berjalan dan pelaksanaannya efektif. 

Inovasi lainnya lanjutnya adalah Living cost jemaah haji sudah non tunai. Itu yang perlu menjadi perhatian kita bersama mengingat pada tahun sebelumnya banyak terjadi kehilangan living cost jemaah.

Didampingi Kabid PHU, La Maidu, dirinya juga mengungkapkan pentingnya manasik terhadap jemaah. Karena berdasarkan evaluasi, banyak jemaah yang manasiknya tidak tuntas. Ketika melaksanakan ibadah haji banyak yang masih tidak mamahami manasiknya.

"Masih ada yang menyepelekan hal ini padahal sayang sekali untuk berhaji harus antri bertahun-tahun, dan menyiapkan dana yang tidak sedikit," ujarnya. 

Olehnya itu dirinya mengingatkan kepada para Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota untuk memaksimalkan manasik haji mandiri dan manasik yang terprogram sehingga berharap pelaksanaan ibadah haji 2020 nanti lebih baik.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 220 kali