Jum'at, 14 Agustus 2020

Hadir di Buton Utara, Kakanwil Ajak ASN Kedepankan Budaya Profesionalisme dan Budaya Kompetensi

  • Kamis, 20 Februari 2020 20:24 WIB

Buranga, (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad, mengungkapkan tuntutan reformasi birokrasi mengharuskan seluruh ASN untuk mengedepankan budaya profesionalisme dan budaya kompetensi sehingga institusi Kemenag bisa menjadi hebat dan lebih baik dimasa depan.

Menurutnya, institusi yang baik adalah institusi yang memiliki ruh, memiliki jiwa dan tampak hidup sehingga ASN bisa bekerja dan belajar dengan aman dan nyaman.

Dirinya pun memberikan apresiasi kepada jajaran Kantor Kemenag Butur terhadap penataan kantor yang baik sehingga mampu memberikan suasana kerja yang kondusif.

Disinilah sambung Kakanwil dibutuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam memberikan ruh dan jiwa, sebab Kedepan yang menentukan hasil dan menjadi eksekutornya adalah SDM.

"Institusi kemenag adalah warisan pendahulu. Tugas kita bagaimana menjaga dan memelihara warisan ini sekaligus mengembangkannya untuk generasi berikutnya, dengan cara meningkatkan prestasi dan karya yang bermanfaat," terangnya saat memberikan Pembinaan ASN dan Penyuluh Agama Islam non PNS lingkup Kantor Kementerian Agama Kab. Buton Utara, Kamis, (20/2).

Oleh karena itu ia mengajak seluruh ASN dan Penyuluh Agama Islam non PNS lingkup Kantor Kemenag Butur untuk memperkuat fungsi agama dan fungsi pendidikan dan membangun koordinasi dengan stakeholder baik internal dan eksternal.

Kepada para Penyuluh Agama Kakanwil berpesan agar mampu menjadi penyejuk umat, menjadi agen moderasi beragama ditengah-tengah masyarakat dan meningkatkan kompetensi. 

"Tugas dan tantangan penyuluh sangat berat. Penyuluh agama merupakan penyambung lidah pemerintah dan juru penerang persoalan umat sehingga dituntut untuk mengasah kemampuan personal dan meningkatkan wawasan dengan mengedepankan azas profesionalisme, berkarakter sehingga bisa menjadi corong dan tempat umat bertanya," harapnya. 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Buton Utara, Muh. Saleh dalam pengantarnya mengucapkan selamat datang di bumi Lipu Tinadeakono sara Buton Utara kepada Kakanwil dalam rangka memberikan penguatan dan pembinaan kepada jajaran kemenag butur. 

Ia melaporkan Kantor Kemenag Butur menjadi lembaga vertikal definitif sejak tahun 2010 dan hingga saat ini belum memiliki madrasah Negeri dan memiliki 12 Madrasah swasta. 

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 163 kali