Jum'at, 14 Agustus 2020

Kemenag Sultra Launching Desa Karya Bhakti Buton Utara Sebagai Desa sadar kerukunan

  • Rabu, 19 Februari 2020 20:07 WIB

Kulisusu Barat, (Humas Sultra) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) melaunching Desa Karya Bhakti Kec. Kulisusu Barat Kab. Butur, sebagai Kawasan Sadar Kerukunan, rabu, (19/2).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan launching Wakaf Tunai sekaligus silaturrahim Kakanwil Kemenag Sultra, bersama tokoh adat dan tokoh agama di Kab. Buton Utara.

Launching tersebut dilakukan bersama oleh Bupati Buton Utara, H. Abu Hasan dan Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad, ditandai dengan penandatanganan prasasti disaksikan Ketua DPRD Butur, Kepala Kantor Kemenag Kab. Butur, Muh. Saleh, Pejabat eselon III lingkup kemenag Sultra, pengurus BWI Sultra, pengurus FKUB Butur, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh masyarakat karya bhakti.

Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini sebagai pilot project dalam membangun sulawesi tenggara yang damai dimasa depan.

Launching ini sambungnya, menjadi cluster dan contoh toleransi beragama sebagai modal dalam membangun kerukunan dan kedamaian untuk mencapai hakikat ajaran agama yaitu memanusiakan manusia yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.

Ia mengungkapkan, komitmen pemerintah dalam membantu pembangunan dibidang keagamaan dalam memperkuat dan memperkokoh kerukunan umat beragama khususnya di kab. Buton utara. 

Sedangkan terkait kemajemukan, dirinya mengungkapkan Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, karena manusia tidak ada yang sempurna dan untuk saling melengkapi. Karenanya, anugerah terbesar yang diberikan tuhan kepada manusia adalah kedamaian dan toleransi," terangnya.

Olehnya itu, kemajemukan masyarakat baik itu oleh perbedaan suku dan agama, hendaknya disyukuri sebagai anugerah pemberian tuhan, namun disatukan oleh pancasila sebagai pagar keberagaman dengan semboyan bhineka tunggal ika," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Buton Utara, H. Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan indonesia adalah negara besar secara budaya karena memiliki keragaman etnik juga karena memiliki agama besar yang ada didunia. 

"Walau hari ini di launching namun sebenarnya kerukunan dibuton utara ini sudah terbangun sejak lama, sebelum daerah ini mekar dua belas tahun lalu," terangnya. 

Dikatakannya, pemilihan desa Karya Bhakti sebagai desa sadar kerukunan sudah tepat karena dihuni masyarakat yang memiliki keragaman agama dan kerukunannya sudah menyatu sehingga desa ini menjadi salah satu daerah yang maju di Kulisusu Barat Kab. Buton Utara. 

"Kondisi kerukunan berlangsung aman, oleh karena itu Kerukunan umat beragama terus terbangun tidak hanya di Karya Bakti tetapi diseluruh desa di kabupaten Buton Utara," harapnya. 

Selanjutnya dilakukan Launching Wakaf tunai ditandai penandatanganan plakat oleh Bupati Buton Utara, Kakanwil Kemenag Sultra, Ketua BWI Sultra, Ketua BWI Buton Utara dan Ketua Tim Penggerak PKK Buton Utara.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 375 kali