Jum'at, 14 Agustus 2020

Buka Kegiatan Workshop, Kakanwil Sampaikan 3 Fokus Penting Seorang Guru

  • Selasa, 18 Februari 2020 20:00 WIB

Kendari (Humas Sultra)--- Selasa (18/02/19), Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad membuka kegiatan Workshop Kurikulum K13 MTsN 1 Kendari bertempat di gedung Ma'Had MTsN 1 Kendari.

Dalam sambutannya di hadapan 70 peserta terdiri dari 8 Madrasah yang tergabung, Fesal Musaad menjelaskan tentang 3 fokus penting seorang guru.

Sebelumnya, Kakanwil menyampaikan bahwa tantangan terbesar dunia pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas seorang guru sebagai salah satu eksekutor pendidikan.

"Kalau kita bicara soal tantangan terbesar dunia pendidikan itu sangat ditentukan oleh guru. Sebab, guru yang menentukan hasil dari siswanya selama proses pembelajaran disekolah, tentang bagaimana seorang siswa mampu berkompetisi dalam era globalisasi, mampu memiliki pengetahuan yang luas, menjadi insan cerdas yang memiliki karakter unggul dan kompetitif. Maka, guru sebagai salah satu eksekutor harus mampu memiliki kompetensi yang baik, sehingga apa yang menjadi harapan kita dalam menciptakan siswa-siswi yang cerdas itu mampu terwujud," ungkap Kakanwil.

Untuk itu, lanjut Kakanwil bahwa 3 (tiga)  hal yang perlu dilakukan seorang guru,  pertama yaitu subtansi peningkatan kualitas guru. Dikatakannya bahwa kualitas guru sangat menentukan bagaimana pengamalan karakter siswa nantinya dimasyarakat. 

"Bahwa guru harus memiliki kualitas  dengan perilaku disiplin yang baik, sehingga guru bisa menjadi teladan yang baik dengan kualitas karakter yang baik," jelasnya.

Kedua, peningkatan proses pembelajaran. Lanjutnya, bahwa proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru seharusnya menjadikan siswanya untuk aktif dalam pembelajaran, melakukan diskusi dan pemecahan masalah, dan berbagai kegiatan yang menjadikan siswa untuk aktif dan guru sebagai pihak yang memantau dan memberikan pengarahan bagi siswa jika memiliki kendala dalam penyelesaikan proses pembelajaran.

"Dan terakhir yaitu peningkatan budaya kompetensi bagi pendidik. Kompetensi guru sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasan siswa. Perlu diketahui bahwa murid tidak akan memiliki kompetensi tinggi jika guru memiliki kompetensi yang rendah. Hal ini perlu diperhatian. Dengan demikian salah satu tujuan kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan pencerahan, pemahaman, mengenai tugas guru yang sangat penting dalam mencerdaskan anak bangsa," tegas Kakanwil. 

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 156 kali