Jum'at, 14 Agustus 2020

Kakanwil Kemenag Sultra Paparkan Kategori Guru Idaman

  • Senin, 17 Februari 2020 15:46 WIB

Unaaha (Humas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad hadir dan menyapa guru madrasah se Kabupaten Konawe.

Kehadiran Kakanwil di Konawe dalam rangka memberikan materi penguatan dan arahan kepada guru serangkaian kegiatan Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru MA dan MTs se Kabupaten Konawe di Aula MAN 1 Konawe. Senin (17/2).

Dihadapan 105 guru MTs dan MA yang hadir mengikuti kegiatan, Kakanwil memaparkan kategori guru idaman sebagai insan yang patut di gugu dan ditiru.

Dirinya merinci guru idaman perlu memiliki 40 persen metode pembelajaran yang memuaskan bagi anak didik serta menghadirkan transformasi sebagai fasilitator dan dinamisator.

“Ada diskusi dalam kelas, guru mampu menghadirkan life skill, karena mata pelajaran hanya alat membangkitkan life skill,”ungkapnya.

Selanjutnya Kakanwil menambahkan guru idaman miliki 20 persen kedekatan dengan siswanya serta mampu mengenal karakter dan kebutuhan anak, ditambah 18 persen prestasi dan 17 persen disiplin sisanya 5 persen gaul di media sosial.

Selain itu dikatakan guru harus mampu menghadirkan transformasi pembelajaran dengan membangun literasi budaya, agama, serta kemampuan membaca tulis dan teknologi informasi di era revolusi industry 4.0 yang mengharuskan para pendidik melek teknologi dan mengasah kemampuan.

“Dengan begitu kita mampu menghadirkan generasi bangsa sebagai insan yang cerdas serta berakhlakul kharimah,”pungkasnya.

 

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 157 kali