Jum'at, 14 Agustus 2020

Kakanwil : Mutu Proses Pendidikan Sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran

  • Jum'at, 14 Februari 2020 11:49 WIB

Kendari (Humas)--- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sultra, Fesal Musaad, S.Pd.,M.Pd menjelaskan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran didorong dari mutu proses pendidikan yang dilakukan oleh para guru PAI dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran bagi para murid guna menghadirkan generasi yang cerdas dan kompetitif.

"Untuk mencapai peningkatan kualitas pembelajaran, dibutuhkan mutu proses pendidikan yang baik guna menciptakan generasi cerdas dan kompetitif," jelas Kakanwil saat membuka kegiatan, Jumat (14/02/19). 

Kakanwil melanjutkan bahwa mutu pendidikan didorong pada 3 hal yakni pengamalan karakter, dimana siswa diajar untuk mengamalkan karakter yang berbudi luhur dengan mengamalkan nilai-nilai agama. Kedua dijelaskannya bahwa literasi juga dibangun siswa untuk memiliki keterbukaan wawasan, dan kearifan lokal.

"Selanjutnya yakni kompetensi. Bahwa kompetensi yang dibangun untuk siswa nanntinya berdampak pada peningkatan sumber daya manusia yang lebih unggul," ungkap Kakanwil.

Lanjutnya, bahwa dengan kegiatan Pengembangan Kapasitas Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini akan menciptakan transformasi pembelajaran yang lebih baik, dengan menjadikan guru bukan hanya sekedar teaching tapi sekaligus sebagai learning untuk siswanya. 

"Bukan hanya sebagai teaching, guru juga sebagai learning dengan menciptakan tranformasi pembelajaran yang aktif, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Untuk itu, kegiatan ini sangat membantu para guru PAI dalam pengembangan teknik pengajarannya dan meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai amanat Undang-Undang," ungkap Kakanwil.

Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat Eselon III dan IV Lingkup Kanwil Kemenag Sultra. Adapun peserta kegiatan yakni para guru PAI  se kab/kota berjumlah 30 orang bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sultra.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 133 kali