Jum'at, 14 Agustus 2020

MAN IC Kota Kendari Lakukan Sosialisasi SNPDB Se Provinsi Sultra

  • Jum'at, 31 Januari 2020 15:11 WIB
Suasana sosialisasi di salah satu Kabupaten

Kendari (Inmas Sultra) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kota Kendari merupakan salah satu madrasah prototipe madrasah unggulan berbasis asrama yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara. Salah satu tujuan pendirian MAN Insan Cendekia adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain disekitarnya.

Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, maka Kementerian Agama menerapkan sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) sebagai salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka MAN Insan Cendekia Kota Kendari gencar melakukan sosialisasi SNPDB baik di lingkup Kota Kendari maupun pada beberapa Kab./Kota yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya, Kab. Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, Kota Baubau, Kab. Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, Kab. Muna dan Muna barat. Hal ini dilakukan tidak lain adalah diharapkan dapat menjaring peserta didik yang memiliki potensi yang dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya; Tes Bakat Skolastik, berupa Kemapuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif/Numerik, Kemampuan Logika/Penalaran, tes Kepribadian, serta Tes akademik meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, pendidikan Agama, dan Bahasa Arab.

Jadwal pendaftaran SNPDB tahun pelajaran 2020/2021 MAN Insan Cendekia secara nasional telah berlangsung sejak tanggal 13 Januari dan akan berakhir tanggal 4 Februari 2020. Sebagaimana disampaikan ketua SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Asni, S. Sos., M. Pd bahwa jadwal pendaftaran tahun ini lebih singkat dan lebih awal jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sehingga para siswa SMP/MTs dan orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya di madrasah ini harus benar-benar memperhatikan jadwal dimaksud agar anak-anak yang memiliki potensi yang cukup baik tidak ketinggalan informasi. Dalam proses pendaftaran, calon peserta didik tidak dipungut biaya, karena semua prosesnya dilakukan secara Online.

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 303 kali