Jum'at, 14 Agustus 2020

Kemenag Sultra Gelar Pembekalan Aplikasi CAT Rekruitmen Petugas Haji Tahun 2020

  • Minggu, 26 Januari 2020 18:39 WIB
Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad saat menyampaikan sambutan dan arahan

Kendari (Inmas Sultra) --- Kantor  Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar Pembekalan Aplikasi Computer Assited Test (CAT) pada Rekruitmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. di Hotel Claro Kendari. Minggu (26/1).

Kegiatan pembekalan aplikasi CAT dilaksanakan mengingat pada musim haji mendatang seluruh proses rekruitmen petugas haji mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sudah sepenuhnya menggunakan system tersebut.

Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad mengatakan penyelenggaraan ibadah haji merupakan pergerakan manusia dari satu titik ke titik yang lain sampai kembali ke tanah air dengan aman dan nyaman, sehingga menurut Mantan Kakanwil Kemenag Maluku ini, dibutuhkan petugas haji yang professional dalam mengurus seluruh rangkaian kegiatan haji mulai dari berangkat sampai tiba di tanah air.

“oleh karena itu kita butuh petugas yang professional, walaupun kemenag sudah membangun kualitas penyelenggaraan ibadah haji yang baik dengan indeks kepuasan haji menurut data BPS meningkat 85.91 poin. Masuk kategori sangat bagus,” imbuhnya.

Keberhasilan pelayanan ibadah dari tahun ke tahun menurutnya tidak terlepas dari peran Kementerian Agama di tingkat daerah dalam merekrut petugas haji yang handal.

“Ini harus dipertahankan agar mengalami peningkatan terus-menerus. Prestasi yang dicapai tidak bisa dilepaskan dari PPIH Kloter maupun PPIH Arab Saudi,” terang Kakanwil.

Dikesampatan tersebut, Kakanwil juga mengingatkan kembali pesan Menteri Agama kepada seluruh penyelenggara Rekruitmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji yakni PPIH yang perlu direkrut adalah figue yang amanah, yang bertanggungjawab yang menjaga kebersamaan (sense of belonging).

Lebih lanjut Fesal Musaad juga berpesan kepada jajarannya agar dalam pelaksanaan rekruitmen musim haji tahun ini agar jujur dan transparan serta akuntabel.

“Mekanisme sesuai prosedur, on the right track,” sambungnya.

Pesan berikut yang disampaikan Kakanwil agar hasil rekruitmen petugas haji tidak merugikan orang lain, murni hasil pekerjaan tanpa rekayasa.

PPIH Kloter ataupun PPIH Arab Saudi yang lulus bukan atas dasar primordialisme, hubungan teman dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan berlangsung aman dan baik, agar mereka bisa melayani jemaah haji menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Pembekalan Aplikasi CAT Rekruitmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2020 Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra Tahun 2020 turut dihadiri Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, H. Joko, Kepala Bidang PHU H. La Maidu, Kepala Bidang Penais Zakat & Wakaf, H. Kadir Azis serta sejumlah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten / Kota se Sultra.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 456 kali