Jum'at, 18 September 2020

Muslimah Wahdah Islamiyah Kab. Muna Gelar Tasyakuran Dirosa Angkatan I

  • Selasa, 14 Januari 2020 19:43 WIB
Tasyakuran Dirosa Angkatan I di Gedung Galampa Kantolalo, Rumah Jabatan Bupati Muna, Ahad, 12 Januari 2020

Raha (Inmas Sultra) --- Muslimah Wahdah Islamiyah Kabupaten (Kab) Muna yang merupakan Mitra Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Kab. Muna adalah sebuah lembaga Dakwah dibawah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam Wahda Islamiyah yang khusus membina kaum Muslimah.

Hari Ahad (12/1) melalui Unit Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur'an (P3Q) dan Pendidikan Pengajaran Tahfizul Qur'an (P2TQ) Muslimah Wahdah DPD Wahdah Islamiyah Kabupaten (Kab) Muna menggelar Kegiatan Tasyakuran Dirosa Angkatan I dengan tema "Menggapai Cinta Allah dengan Al Qur'an", di Rumah Jabatan Bupati Muna, Gedung Galampa Kantolalo Raha, Kab. Muna, menghadirkan Ibu Dra. Hj. Nurjannah Baharuddin, MA sebagai Pemateri/Narasumber.

Yang dimaksud Dirosa (Pendidikan Orang Dewasa) disini adalah sebuah metode pembelajaan Al Qur'an untuk orang dewasa dengan sistim klasikal, selama 20 kali pertemuan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Muna Kadiani Alibasa, S.Pd, dihadiri Ibu Kepala Kantor Kemenag Kab.Muna, Hj. Muliati, S.Pd,  Ibu Ketua Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Kab.Muna Barat (Mubar), Ibu ketua Muslimah Cabang Daerah Watopute dan Tongkuno, Ibu Camat Katobu,  Ibu Camat Kontunaga, Ibu Camat Batalaiworu, Ibu Camat Tongkuno, Ibu Lurah Foo Kuni,  Ibu Lurah Dana,  dan Ibu-ibu tamu undangan serta saudari-saudari muslimah selaku undangan.

"Dalam sambutannya Kadiani Alibasa mengatakan bahwa, kami sangat mengapresiasi program yang dijalankan oleh Muslimah Wahdah Islamiyah Kab. Muna, dimana program Dirosa ini turut membantu salah satu program kerja Pemerintah Kab.Muna yang akan membentuk Kampung Qur'an  dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an. 

" Kami harapkan kepada masyarakat Kab.Muna  khususnya Ibu-ibu dapat merasakan nikmatnya membaca Al-Qur’an, memahami, dan mengamalkannya," ujarnya.

Selanjutnya  Ustadzah Nurjannah yang merupakan Da'iyyah, Muballighot, Dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang juga merupakan Trainer Muslimah Wahdah Islamiyah Provinsi (Prov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam materinya dihadapan 268 orang peserta Tasyakuran Dirosa Angkatan I, menjelaskan Pengertian Al-Qur'an.

Ia mengatakan bahwa Al Qur'an yaitu kalam Allah yang berupa mu'jizat, diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasul-Nya Muhammad SAW, melalui perantaraan  Malaikat Jibril, yang menjadi pedoman hidup dan membacanya adalah Ibadah.

Menurutnya, agar Al-Qur’an dapat menjadi penerang dan jalan hidup, maka kita dituntut untuk senantiasa membaca, mendengarkan, menghafalkan, mentadabburi,  dan mengamalkannya.  

Trainer Muslimah Wahdah Islamiyah Sultra ini kemudian menjelaskan berbagai macam problem generasi anak-anak bangsa yang sudah sangat jauh terhadap Al Qur'an. sehingga banyak dari kalangan muda mudi mengalami pergaulan bebas,  menyimpang dari Syariat Islam dan hal ini dianggap tidak tabu lagi dikalangan masyarakat.  

Selain itu Ustadzah Nurjannah juga menceritakan kisah-kisah yang bisa dijadikan Ibrah dalam kehidupan sehari-hari.  Kisah-kisah yang sangat inspiratif, bagaimana suatu negeri mulia dengan Al-qur'an, dan bagaimana seseorang mendapatkan kebinasaan karena telah menghinakan Al-Qur'an. 

"Oleh karena itu, jadikanlah Al-Qur'an sebagai nafas kehidupanmu,  niscaya jiwa ini, hidup ini,  generasi-generasi ini,  negeri ini akan menjadi mulia," ujarnya.

Diakhir materinya Ustadzah Nurjannah memotivasi peserta ibu-ibu, mahasiswa dan pelajar untuk lebih serius dalam menuntut ilmu agama, utamanya dengan mengikuti kajian keislaman yang intensif dan berkesinambungan bukan hanya Dirosa namum di imbangi juga dengan Tarbiyah.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan Sertifikat Tamat Dirosa kepada 286 peserta dari berbagai kelompok, mulai dari kelompok pelajar, mahasiswa, ibu-ibu bahkan lanjut usia, sebagai tanda bahwa mereka sudah bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Turut menyerahkan sertifikat  Ibu Kepala Kemenag Muna Hj. Muliati Basri, S.Pd

Sumber : Hasrullah, S.Pd I, SH
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 1.881 kali