Jum'at, 14 Agustus 2020

Menuju Penyelengaraan Haji dan Umrah Yang Berkualitas, Kemenag Sultra Gelar Jamarah

  • Minggu, 22 Desember 2019 16:22 WIB

Kendari (Inmas Sultra) --- Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Haji dan Umrah yang profesional, akuntabel, dan berkualitas di tahun 2020 mendatang, Kanwil Kemenag Sultra  melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar kegiatan Jagong Masalah Haji dan Umroh (Jamarah) bersama para Stakeholder, Minggu (22/12/2019), bertempat di Claro Hotel Kendari.

Kegiatan Jamarah yang diselenggarakan tersebut menghadirkan Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kabag Keagamaan dan Tata Usaha Biro Administrasi  Kesra, Musdar, Plt. Kakanwil Kemenag Sultra, H. Joko, Kepala Bidang PHU, H. La Maidu, para Stakeholder lainnya seperti para Kepala KUA, para Penyuluh, Organisasi Muhammadiyah, Nahdathul Ulama (NU), Kelompok Media, Kelompok Mahasiswa, Kelompok Majelis Taklim, Kelompok PPIU, dan para Mitra lainnya yang bertugas dalam menyukseskan penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Ketua panitia, Hj. Yuni Susilowati menjelaskan kegiatan Jamarah ini dilaksanakan sebagai media  strategis dalam rangka koordinasi dan kerjasama bagi para stekholder baik pemerintah daerah, Kanwil Kemenag Sultra, dan Mitra lembaga terkait penyelenggaraan Haji dan Umrah di 2020 mendatang.

Plt. Kakanwil, H.Joko menjelaskan penyelenggaraan Haji pada tahun 2019 mengalami peningkatan indeks kepuasan jemaah haji dibandingkan tahun 2018 sebelumnya.

"Berdasarkan data yang dihimpun oleh BPS, indeks kepuasan pelayanan untuk Jemaah Haji Kota Kendari mencapai 85,91% di tahun 2019,  jika sebelumnya di 2018 mencapai 85,23 %. peningkatan yang terjadi setiap tahunnya merupakan kerjasama dari berbagai unsur dimana Kementerian Agama sebagai leader sektor dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah," jelasnya.

Dengan kegiatan ini, lanjut Joko berdasarkan UU No. 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji bahwa Kementerian Agama memiliki 3 fungsi dalam penyelenggaraannya.

"Pertama fungsi pelayanan, fungsi pembinaan, dan ketiga adalah fungsi perlindungan bagi Calon Jemaah Haji nantinya. Untuk itu, melalui kegiatan jagong ini menjadi bahan diskusi kita bagi semua unsur lembaga dalam berbagai permasalahan atau pengalaman di tahun 2019 untuk nanntinya penyelenggaraan haji di 2020 mendatang bisa lebih baik  dengan peningkatan indeks kepuasaan jemaah dan meminimalisir setiap kendala yang terjadi untuk meningkatkan pelayanan," tegas Joko.

Selanjutnya, Musdar mewakili Gubernur Sultra turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa pemerintah sangat mendukung kegiatan keagamaan di Prov. Sultra.

"Haji dan Umrah di Sultra menjadi salah satu pelayanan kepada masyarakat yang perlu menjadi perhatian bagi pemerintah. Saya mewakili Gubernur Prov. Sultra mendukung berbagai kegiatan Kementerian Agama salah satunya dengan rencana Sultra bisa menjadi embarkasi dalam penyelenggaraan ibadah haji," tuturnya.

Kepala Bidang PHU, H. La Maidu menjelaskan bahwa untuk haji di 2020, akan memiliki banyak inovasi dalam penyelenggaraannya. Berbagai kebijakan dilakukan dalam kemudahan pengurusan dan pelayanan ibadah Haji dan Umrah yang lebih baik.

"Salah satu inovasi yang akan dilaksakan di 2020, yakni terkait kepengurusan visa. Untuk di 2020, kepengurusan visa akan dilaksanakan pada setiap kantor wilayah di Kementerian Agama. Hal ini tentunya berdampak baik dalam pelayanan setiap jemaah di 2020 mendatang. Tidak hanya kepengurusan visa, program Menteri Agama untuk di 2020, pembinaan dalam usaha-usaha keterampilan haji dan umroh, sehingga jemaah haji selanjutnya siap melaksanakan ibadah haji," jelasnya.

Terakhir, H.La Maidu juga mengapresiasi kegiatan ini sehingga pelaksanaan dan penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di tahun 2020 lebih baik lagi dengan program dan berbagai inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga melalui kegiatan, Kementerian Agama dan mitra-mitra penyelengara haji dan umrah selalu berkoordinasi dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan haji dan umrah di 2020 dan di tahun mendatang lainnya," jelasnya.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 187 kali