Jum'at, 14 Agustus 2020

MTsN 2 Kendari Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

  • Sabtu, 14 Desember 2019 11:12 WIB
Kepala MTsN 2 Kendari saat menerima penghargaan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam acara penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata

Kendari (Inmas)--Setelah melakukan berbagi persiapan menuju Adiwiyata Tingkat Nasional, MTsN 2 Kendari malam tadi menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional 2019 yang diselenggarakan di Auditorium Dr.Ir. Soedjarwo, gedung Manggala Wanabakti, Jakarta ( 13/12).

 Kepala MTsN 2 Kendari Mappataliang menerima langsung Penyerahan Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya. Sebanyak 333 sekolah menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan juga 101 sekolah menerima penghargaan adiwiyata Mandiri.

Penilaian  Calon Sekolah Adiwiyata Nasional  (CSAN) telah dilakukan beberapa bulan sebelumnya, adapun idikator penilaiannya meliputi kebijakan sekolah berbasis lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Penilaian adiwiyata Nasional ini diawali dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Mappataliang, yang sedang berada di Jakarta, melalui via telepon mengatakan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tersebut merupakan hasil dan kerja keras seluruh element madrasah, baik guru,staff, siswa dan orang tua siswa dalam mendukung program-program madrasah yang berbasis lingkungan. Diketahui salah satu program unggulan MTsN 2  Kendari yang berbasis lingkungan yaitu program Tumbler, siswa membawa botol minuman sendiri, sehingga mampu mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu ia juga mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga sangat membantu MTsN 2 Kendari menuju Adiwiyata Nasional.

“ Alhamdulillah hari ini MTsN 2 Kendari memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan semua berkat usaha dan kerja keras seluruh element Madrasah dan terimakasih juga buat pendampingan dari  team adiwiyata sekolah dan Balai Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dengan sabar membimbing “ungkapnya

Ketua Adiwiyata Nasional St. Syamsuduha yang juga meghadiri acara tersebut mengatakan setelah melalui berbagai tahapan menuju Adiwiyata Nasional,Akhirnya MTsN 2 Kendari berhasil meraih penghargaan tersebut, dan ia juga mengatakan MTsN 2 Kendari akan bersiap menuju adiwiyata Mandiri.

“Syukur Alhamdulillah segala proses sudah kita laksanakan dan terimakasih buat semua yang sudah terlibat dan bekerja keras, buat kaUr MTsN 2 Kendari dan kedepan kita akan bersiap menuju adiwiyata Mandiri” ungkapnya.

 

Sumber : -
Penulis : Nova Rina, S.Ikom/MTsN 2 Kendari
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 253 kali