Jum'at, 14 Agustus 2020

Terobosan Inovasi Ujian Semester Berbasis Android di Terapakan MTS As’adiyah Lapai

  • Rabu, 11 Desember 2019 10:07 WIB

Lasusua, (Inmas Sultra) ---- Madrasah Tsanawiah (MTs) As’adiyah Lapai melakukan terobosan inovasi penyelenggaraan ujian semester berbasis android. Terobosan inovasi tersebut telah diterapkan dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil MTS As’adiyah Lapai Tahun Pelajaran 2019-2020.

Rajiman, Proktor Pelaksana UAS Berbasis Android MTs As’adiyah Lapai mengungkapkan, pelaksanaan UAS menggunakan smart phone dilaksanakan 6 hari kedepan mulai tgl 9 sampai 14 Desember 2019 . "Sebelum pelaksanaan ujian Uji coba/Simulasi sudah dilaksanakan selama satu hari dan meskipun ada sedikit kendala, namun pelaksanaan UAS berbasis android ini secara umum insyaallah akan sukses," ungkap Rajiman.

Ditambahkan bahwa salah satu langkah pihak madrasah melakukan inovasi UAS berbasis android tersebut, agar pelaksanaan ujian semakin mudah, modern, dan efisiensi biaya. Diharapkan para siswa maupun guru MTS As’adiyah Lapai, kedepan juga semakin melek teknologi. "Ini upaya kami menjawab tantangan kemajuan zaman. Karena teknologi saat ini begitu pesat, tidak bisa dibendung," jelasnya..

Tahun pelajaran sebelumnya pihak madrasah harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk menggandakan soal-soal ujian untuk peserta didik. Maka pada tahun ini penggunaan anggaran dapat diminimalisir dengan penggunaan berbasis android dan hasil ujian pun langsung muncul pasca siswa menyelesaikan ujian per bidang studi.

Kelebihan lain dengan UAS berbasis android yakni potensi kecurangan yang dilakaukan siswa dapat dihindari, karena server bisa diatur sehingga nomor-nomor pada soal ujian dapat diacak. Dengan demikian peluang siswa untuk saling tukar jawaban bisa diminimalisasi. "Dengan ini tentu akan membuat siswa harus bisa mengerjakan mandiri dan benar-benar berusaha sendiri," ungkap Rajiman.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Madrasah MTs As’adiyah Lapai Ismail, terobosan yang dilakukan Madrasahnya dinilai merupakan pertama kali di terapkan di MTS As’adiyah Lapai, pihaknya ingin madrasahnya semakin terdepan dalam teknologi, serta meningkatkan mutu para peserta didiknya, dan sumber daya manusia (SDM) pendidik.

"Semoga dengan terobosan ini para siswa semakin mudah dalam melaksanaan ujian semester, guru juga tak perlu kesulitan dan menghabiskan waktu lama dalam memeriksa satu demi satu hasil ujian siswa, dan tentunya dapat mengefisiensikan biaya pelaksanaan ujian. Karena di zaman ini hampir semua siswa mempunyai smart phone,” pungkasnya.

Sumber : Rajiman, S.Kom.
Penulis : SUPRIATI, S.Pd./MTsN 1 Kolaka Utara
Editor : Syech
Dibaca : 928 kali