Minggu, 09 Agustus 2020

Ulangan Berbasis HandPhone Android Mulai diterapkan di MTs N 1 Baubau

  • Selasa, 10 Desember 2019 12:04 WIB

Baubau (Inmas Sultra) --- Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Baubau, ulangan semester gasal tahun pelajaran  2019/2020 menggunakan Handphone Android mulai kelas tujuh sampai kelas sembilan.

Pihak sekolah memanfaatkan handphone yang sudah di miliki oleh setiap siswa, jadi tidak membebani siswa karena rata-rata setiap siswa sudah memiliki handphone sendiri.

Para siswa mengerjakan soal yang sudah disiapkan oleh guru-guru mata pelajaran dengan menggunakan handphone andorid, mereka tidak lagi menggunakan kertas dan pulpen seperti pelaksanaan ujian konvensional.

Pelaksanaan ulangan semester menggunakan handphone android mempunyai keuntungan tersendiri bagi pihak sekolah selain bisa menghemat pengeluaran kertas, juga guru di untungkan dengan nilai ujian yang langsung keluar sehingga guru tidak perlu melakukan koreksi.

Operator menjelaskan secara teknisi pelaksanaan ujian akhir semester berbasis Handphone Android ini, siswa terlebih dahulu Log in sebelum mengerjakan soal dan selanjutnya Log Out dan siswa mengerjakan soal-soal yang secara otomatis di acak sehingga urutan soal yang di kerjakan oleh siswa berbeda-beda.

Adapun kendala yang di hadapi oleh para proktor, teknisi bersama panitia ulangan semester pada hari pertama yaitu yang namanya aplikasi gratisan sudah jelas mesti ada yang eror (Bug), ,begitu juga masih kurangnya pemahaman siswa terhadap aplikasi,namun kendala tersebut tidak berlangsung lama secara pelan-pelan sudah bisa di atasi dengan  kerja ekstra dari para proktor yang tidak kenal lelah demi keberhasilan kegiatan yang di maksud.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah di samping mendukung program pemerintah untuk menuju ke 4.0, juga untuk meminimalisir sampah kertas untuk menuju sekolah sehat.
Keuntungan bagi siswa yaitu memperkenalkan kepada peserta ujian tentang pengaplikasian,dan keuntungan bagi  guru salah satunya guru sudah tidak lagi menghitung nilai siswa secara manual akan tetapi sudah terbantu dengan aplikasi tersebut.
Dan keuntungan bagi Sekolah yaitu mensikronkan semua aplikasi seperti Simpatika, Emis dan Aplikasi Rapor Digital (ARD).

Kepala MTsN 1 Baubau La Marihi menjelaskan, pada awalnya siswa merasa kesulitan dengan ujian berbasis android. Namun setelah dicoba  siswa  mulai beradaptasi, akhirnya ujian  semester berbasis hp Android  berjalan lancar.
"Penggunaan  android pada ujian dinilai positif karena memberi banyak manfaat dan kemudahan bagi sekolah jika dibanding ujian menggunakan metode lama yaitu kertas dan pensil," katanya.

La Marihi juga mengatakan, pihaknya tidak khawatir terhadap potensi kecurangan kepada siswa , sebab saat perangkat mereka terkoneksi dengan server melalui kode tertentu, secara otomatis program lainnya tidak bisa dibuka.

Sumber : -
Penulis : Dra. Munaya/MTsN 1 Bau-Bau
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 554 kali