Jum'at, 14 Agustus 2020

40 Kepala Madrasah Ikuti Diklat Substantif Kepala Madrasah Tahun 2019

  • Kamis, 05 Desember 2019 07:02 WIB
Kegiatan Diklat Teknis Substantif pada 40 Kepala Madrasah

Kendari (Inmas Sultra)--- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sultra melalui Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) bersama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Keagamaan Makassar menggelar Diklat Teknis Substantif bagi 40 Kepala Madrasah tahun 2019, Rabu (04/12/19), bertempat di Athaya Hotel Kendari.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt.Kakanwil Kemenag Sultra, H.Joko, Kepala Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sultra, H.Mansur Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Juhrah, Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yang juga ketua panitia kegiatan, Andi Isra Rani, serta jajaran Kepala Seksi Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sultra.

Plt. Kakanwil Kemenag Sultra, H. Joko dalam sambutannya merespon baik kegiatan tersebut dalam rangka pengembangan sumber daya manusia khususnya  para Kepala Madrasah yang mengikuti diklat tersebut. 

Dikatakannya, bahwa Kepala Madrasah memiliki tugas penting dalam banyak hal terkait aktifitas Madrasah seperti program-program kegiatan yang dapat mendukung kemajuan suatu Madrasah.

"Para Kepala Madrasah dituntut untuk memiliki visi dalam program-program pengembangan madrasah guna pengembangan Madrasah yang mencapai pada tingkat hebat dan bermartabat," jelasnya.

Lanjutnya, bahwa Kepala Madrasah di era saat ini harus memiliki jiwa enterpreneur yang mampu melaksanakan visi dalam rangka kemajuan Madrasah dengan melakukan inovasi dan berbagai pengembangan guna peningkatan kualitas dan kemajuan Madrasah.

"Berkembang atau tidak berkembangnya suatu Madrasah itu tergantung dari pemimpinnya yakni kepala sekolah, untuk itu kegiatan diklat ini nantinya akan membangun semangat kepala Madrasah, dan melatih jiwa enterpreneur peserta sehingga visi yang ingin dicapai bisa terealisasikan," tutur joko. 

Selanjutnya Kepala Balai Diklat Keagamaan Makssar, Juhrah juga menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kerja sama  Kementerian Agama dan balai diklat dalam program pengembangan sumber daya manusia yang nantinya akan berguna bagi pengembangan dan penguatan kompetensi para Kepala Madrasah.

"Balai diklat keagamaan Makassar juga menyambut baik kegiatan diklat kerja sama ini. Perlu diketahui kebutuhan pengembangan kompetensi bagi ASN kementerian Agama sangat dibutuhkan. Maka untuk menjawab dari apa yang diinginkan para ASN, maka dilakukan  diklat kerja sama seperti yang diselenggarakan  saat ini," jelasnya.

"Tidak hanya ASN, balai Diklat juga melakukan kegiatan penguatan kompetensi bagi masyarakat dan pegawai NonPNS yang melakukan tugas dan fungsi bagi Kementerian Agama," tambahnya.

Ketua panitia, Andi Isra Rani dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 5 hari terhitung tanggal 4 s.d Desember 2019 bertujuan dengan mengacu pada 3 nilai yang ingin dicapai.

"3 hal tersebut yakni peningkatan kompetensi manajerial, Subtansi Bidang, dan terakhir yakni Sosial Ultra," terangnya.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 370 kali