Kamis, 12 Desember 2019

2 Siswa MAN IC Raih Medali Ajang Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional ke-3

  • Kamis, 21 November 2019 08:30 WIB
Foto bersama siswa peraih medali sesaat setelah peneriman hadiah di gedung P4TK Bahasa Jakarta Selatan, Selasa (12/11)

Kendari (Inams Sultra) --- Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional ke-3  yang digelar Minggu (10/11) lalu berbuah manis bagi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari. OBA tingkat nasional yang sudah masuk tahun ke-3 ini seperti pada tahun sebelumnya digelar di Pusat Penembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bahasa Kemendikbud Jakarta Selatan. Bersama dengan kegiatan OBA tersebut, dirangkaikan juga dengan pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Nasional dan Konferensi Bahasa Arab 2 .

2 orang siswa MAN IC yang  pada bulan Agustus lalu dinyatakan lolos mewakili Sulawesi Tenggara (SULTRA) ditingkat nasional mampu bersaing dengan puluhan madrasah lainnya se-Indonesia. 2 siswa tersebut atas nama La Ode Muh. Al-falaq Bangkit Sanjaya meraih medali perak dan  Audy Aqshal Afandi meraih medali perunggu, ditambah lagi dengan kategori pendidik yang juga berhasil meraih medali perunggu sesuai dengan surat keputusan panitia yang diumumkan dalam acara penutupan di tempat yang sama, Selasa (12/11). 

Pada kesempatan yang sama, pembimbing mapel Bahasa Arab MAN IC yang juga Pendamping, Agustan, mengatakan bahwa, OBA yang digelar ditahun ke-3 kali ini semakin meriah dengan banyaknya peserta yang datang dari berbagai daerah, mulai dari Aceh di sumatera, jawa, NTB, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua dan persaingannyapun semakin ketat. Lebih dari 200 peserta ambil bagian dalam OBA tingkat nasional kali ini, baik kategori SMA, SMK, MA maupun SMP dan MTs, jelasnya.

“Prestasi yang ditorehkan kedua siswa tersebut merupakan kado terindah bagi madrasah, karena sudah  dua tahun berturut-turut sebelumnya berpartisifasi, belum mendapatkan hasil yang menggembirakan. Karenanya prestasi pertama di event ini patut disyukuri”, ungkap Agustan.

Di tempat terpisah, Abd. Basit selaku Kamad yang waktu itu masih mengikuti kegiatan di Jepang tidak lupa menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada peraih medali. Semoga kesuksesannya dapat dipertahankan pada event berikutnya, ungkapnya.

Penyelenggaraan OBA ini didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, begitu pula pihak kedutaan Arab Saudi. Tidak tertinggal Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan yang juga turut mengirimkan karangan bunga ucapan selamat dan suksesnya kegiatan ini. Dan untuk diketahui bahwa partisipan dari sekolah dan madrasah selalu meningkat tiap tahunnya.[]

Sumber : -
Penulis : AGUSTAN/MAN Insan Cendikia Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 187 kali